Masalah Koneksi Bluetooth di hp Samsung dan Solusinya

Masalah yang terkait dengan koneksi Bluetooth di hp Samsung Galaxy biasanya adalah tidak bisa mendeteksi perangkat Bluetooth lain, atau koneksi yang selalu gagal ketika coba dihubungkan dengan perangkat bluetooth lain atau tombol bluetooth yang tidak mau di ON kan atau diaktifkan.

Umumnya hal ini disebabkan oleh bug (kesalahan) di memory Cache dan software pengontrol Bluetooth yang tidak lengkap alias korup (corrupt) dikarenakan adanya update software. Dengan membersihkan Cache dan me-reset jaringan Bluetooth biasanya akan dapat mengatasi masalah koneksi bluetooth di hp Samsung ini.

1. Bersihkan Cache dan Data koneksi Bluetooth hp Samsung

Salah satu cara mengatasi Bluetooth hp Samsung yang tidak berfungsi adalah dengan membersihkan Cache dab Data Bluetooth. Yang dibersihkan adalah Cache dan Data di aplikasi sistem yang terkait dengan Bluetooth. Aplikasi sistem Bluetooth di hp Samsung adalah Bluetooth Share, BT Tool atau Bluetooth. Untuk membersihkan Cache dan Data aplikasi sistem Bluetooth silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke halaman Settings (Pengaturan)
  2. klik Apps > 3dot (ikon 3 titik) > pilih Show system Apps
  3. Cari aplikasi Bluetooth, jika tidak menemukan cari aplikasi Bluetooth Share dan BT Tool
    • klik Force Stop (jika ada) > OK
    • klik Storage > Clear cache + Clear data
  4. Silahkan di Re-Start hp Samsung nya

Untuk hp Samsung yang tergolong baru (Android 7 – Nougat ke atas) biasanya aplikasi sistem Bluetooth nya adalah Bluetooth dan untuk hp Samsung lawas (Android 6 – Marshmallow ke bawah) menggunakan istilah Bluetooth Share dan BT Tool.

2. Reset Network (Wi-fi, Mobile, Bluetooth)

Cara lain untuk mengatasi masalah Bluetooth hp Samsung yang tidak berfungsi adalah dengan melakukan reset jaringan Bluetooth. Di sini yang di-reset adalah Settings Jaringannya dan yang dicari di halaman settings adalah “Reset Network Settings“. Jika anda tidak menemukan pilihan “Reset Network Settings” jangan diteruskan. Di hp Samsung yang lawas biasanya tidak terdapat fitur ini.

Perlu diketahui juga bahwa dengan melakukan reset jaringan ini maka jaringan Wi-fi, jaringan seluler (GSM) dan Bluetooth akan ikut di reset. Artinya semua data koneksi Wi-fi, jaringan seluler dan bluetooth akan ikut terhapus. Dan nanti setelah dilakukan reset jaringan, anda akan diminta untuk setup kembali koneksi Wi-fi dan GSM nya.

Tidak sulit melakukan setup ulang jaringan Wi-fi dan GSM, tinggal ikuti saja petunjuk di layar. Yang perlu dicatat adalah Pasasword Wi-fi nya jika selama ini hp Samsung anda terhubung dengan Wi-fi modem.

Untuk me-reset Network di hp Samsung silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke halaman Settings (Pengaturan)
  2. Geser layar ke bawah klik General Management
  3. Klik Reset
  4. Pilih Reset network Settings
  5. Klik Tombol Reset Settings
  6. Silahkan di Re-start

Solusi masalah koneksi Bluetooth hp Samsung dalam tulisan ini adalah sebagian solusi dari sisi software nya. Ada lagi solusi yang lain jika koneksi Bluetooth nya masih bermasalah seperti Reset Factory Settings dan Flashing Firmware. Reset Factory Settings akan menghapus seluruh data di hp Samsung anda dan harus dilakukan backup data sedangkan Flashing Firmware akan membatalkan garansi hp Samsung anda dan juga membutuhkan ketrampilan khusus. Ke dua solusi ini tidak kami rekomendasikan dalam tulisan ini.

Demikian beberapa langkah mengatasi masalah koneksi Bluetooth di hp Samsung. Semoga bermanfaat.

Lihat juga:

Aktifkan & sembunyikan Developer options hp Samsung
Cara Menggunakan Secure Folder di hp Samsung
Cara Screenshot dan Scrollshot di hp Samsung
Cara menambahkan bahasa Arab di keyboard Samsung
Beberapa Solusi Bluetooth Laptop tidak berfungsi

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia