Seluk Beluk Bibir Gelap dan Cara Mengembalikan Warna Cerah Alaminya

unsplash.com

Punya bibir merah alami adalah idaman banyak orang. Namun, nggak semua orang bisa memilikinya. Ada banyak faktor yang membuat warna bibirmu tak secerah yang diharapkan.

Ada yang karena faktor alami dan genetik, tetapi ada pula yang ternyata bisa diperbaiki dengan cara-cara logis. Berikut ulasan lengkap tentang hiperpigmentasi pada bibir.

1. Penyebab bibir gelap



unsplash.com

Ada beberapa penyebab bibir gelap yang paling umum, antara lain.

– Genetik. Untuk pemilik kulit gelap, warna bibir pun bakal mengikuti. Untuk itu, sebenarnya kamu tak perlu ambil pusing. Selama bibirmu sehat dan lembap, sebenarnya tak ada masalah berarti. Kamu tinggal pilih shade lipstik atau lip balm yang sesuai untuk warna bibirmu.

– Paparan sinar UV. Bagi beberapa orang perubahan warna bibir ternyata terjadi secara perlahan. Jika kamu mengalaminya, bisa jadi ini karena kamu kurang melindunginya dari paparan sinar UV. Menggunakan lip balm dengan SPF bisa jadi solusi jitu untuk membantu mengembalikan warna alami bibirmu.

– Terlalu sering membasahi bibir dengan air ludah juga ternyata nggak disarankan. Air ludah atau saliva bisa memicu inflamasi yang lama kelamaan mengubah warna bibir

– Kebiasaan merokok juga bisa mengubah warna bibir jadi lebih gelap

– Alergi dan melasma bisa juga jadi penyebabnya. Untuk yang ini kamu perlu konsultasi pada ahli

2. Cara mengatasi dan menghindari perubahan warna bibir jadi lebih gelap



unsplash.com

– Memberikan proteksi lebih pada bibir dengan menggunakan produk khusus bibir yang mengandung bahan-bahan aktif seperti kojic acid, glycolyc acid, serum vitamin C, licorice. Bahan seperti retinol dan niacinamide juga disarankan, tetapi dalam kadar yang tak terlalu banyak karena berisiko iritasi.

– Kurangi kebiasaan membasahi bibir dengan saliva.

– Hati-hati saat menggunakan lips scrubs, jangan terlalu sering dilakukan mengingat ia bisa bersifat abrasif.

– Jika kamu menemukan perubahan warna bibir secara tiba-tiba, bisa saja itu tanda alergi. Tunggu beberapa hari sampai bibirmu pulih dari alergi dan coba analisa apa pemicunya. Jika gejala tak kunjung berhenti, silakan konsultasi ke dokter untuk mengecek apakah itu melasma atau kondisi kesehatan lainnya

Sama seperti kulit, bibir juga perlu perlindungan ekstra. Ia salah satu bagian tubuh yang sering terekspos matahari dan polusi, jadi wajar jika kamu wajib merawat dan melindunginya. Siapa sih yang nggak ingin punya bibir sehat dan lembap?

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia