Alasan Kita Kehilangan Banyak Teman Ketika Usia Bertambah

unsplash.com

Seiring bertambahnya usia kamu melihat banyak perubahan di sekelilingmu. Termasuk masalah pertemanan. Tak sedikit darimu yang mulai hilang kontak dengan teman-teman terdekat.

Bisa karena kesibukan atau prioritas yang berubah. Fenomena macam ini sebenarnya sangat lumrah, kok. Kamu nggak sendiri, walaupun rasanya sedih dan kesepian.

Berikut beberapa penjelasan logis kenapa kita cenderung kehilangan teman saat usia bertambah.

1. Tidak berada di lingkungan yang sama dengan teman lama



unsplash.com

Sebenarnya kunci mendapatkan teman adalah pertemuan yang sering. Seperti saat kita masih sekolah dan kuliah, kita pergi ke tempat yang sama setiap hari dan bertemu orang-orang yang sama pula. Intensitas pertemuan membuat kita lebih cepat membangun hubungan pertemanan.

Kala dewasa, kamu tak lagi bisa bertemu dengan kawan-kawanmu seperti di masa sekolah dulu. Jadi, sebenarnya nggak heran kalau kalian tak lagi sering berkontak dengan mereka.



2. Teman kerja tak seperti teman semasa sekolah dan kuliah



unsplash.com

Sebenarnya lingkungan kerja punya potensi yang sama dengan sekolah atau kampus. Tempat kita bertemu dengan orang yang sama. Namun, lingkungan kerja cukup berbeda. Kita dihadapkan pada masalah yang lebih serius dan kadang membuat kita ragu apakah harus berteman dengan rekan kerja atau tetap bersikap profesional saja.

3. Orang dewasa cenderung protektif pada diri sendiri



unsplash.com

Saat lebih muda, seseorang lebih terbuka dan antusias pada hal baru. Biasanya dipengaruhi minimnya pengalaman. Saat lebih dewasa, kita sudah mengalami banyak hal, termasuk kejadian pahit dan menyakitkan yang membuat seseorang cenderung lebih berhati-hati dan memilih. Itulah yang membuat lingkaran pertemananmu stagnan bahkan berkurang.

4. Lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas dalam hubungan



unsplash.com

Lelah dengan pekerjaan dan drama yang nggak penting, kamu pun bakal memilih untuk fokus mempertahankan kontak dengan orang-orang yang sudah kamu kenal dan percaya ketimbang mencari teman baru. Kamu akan menemukan lingkaran pertemananmu menyempit, tetapi hubungannya lebih lekat.

5. Kawanmu dan kamu punya prioritas dan visi yang berbeda



unsplash.com

Kamu yang masih lajang mungkin akan menemukan banyak perbedaan ketika temanmu mulai membina rumah tangga. Prioritas mereka kini akan lebih banyak ke keluarga daripada ke sahabat sepertimu. Mereka juga mulai membicarakan hal-hal yang belum atau tidak menarik perhatianmu seperti biaya sekolah anak atau lain sebagainya.

Berlaku pula sebaliknya, kamu yang sudah menikah menemukan bahwa temanmu yang lajang masih memikirkan hal yang menurutmu bukan lagi prioritas, seperti nonton konser atau solo traveling.

6. Kamu bekerja dari rumah



unsplash.com

Sebelum pandemi sekalipun, jenis pekerjaan yang memungkinkan siapapun mencari nafkah dari rumah mulai diperkenalkan. Dengan begitu, siapapun yang masuk dalam kelompok pekerja remote ini bakal susah menemukan teman baru selain kehilangan teman lama. Dengan pandemi dan kebijakan kerja dari rumah, makin banyak dari kita yang mulai mengalaminya.

7. Berpindah tempat tinggal



unsplash.com

Dengan berpindah kota, kamu juga meninggalkan teman-temanmu. Berlaku pula bagi kamu yang tinggal di kota yang sama, tetapi temanmu yang merantau. Jarak membuat hubungan pertemanan jadi tak serekat dulu. Meskipun sebenarnya ada teknologi yang bisa membantu.

8. Kesibukan dan malas mempertahankan kontak secara rutin



unsplash.com

Berteman membutuhkan komitmen dan waktu. Seringkali kesibukan membuatmu lupa mengontak teman-temanmu. Ini bisa memberikan kesan kamu tak lagi memprioritaskan mereka. Berlaku sebaliknya, kamu mungkin menemukan teman yang tak lagi meluangkan waktu untuk memulai pembicaraan. Lama kelamaan kamu pun ogah menghubungi mereka lagi.

Apapun yang berubah tentu menimbulkan ketidaknyamanan. Namun, manusia punya kemampuan untuk beradaptasi, kok. Apalagi kehilangan teman bukan hal yang aneh. Ini seperti seleksi alam saja.

Kamu belajar dari pengalaman, mengutamakan hal yang penting daripada bersenang-senang belaka, dan punya perubahan prioritas yang berpengaruh pula pada skala lingkaran pertemananmu.


IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia