ASUS update BIOS motherboard demi dukungan Windows 11

Dalam sebuah kabar terbaru, ASUS telah menggulirkan BIOS baru untuk jajaran motherboard yang mendukung TPM 2.0.

ASUS baru saja mengumumkan kehadiran BIOS baru untuk jajaran motherboard generasi terbaru mereka. BIOS ini disebut akan mendukung semua hal untuk dapat menjalankan Windows 11 dengan baik.

Seperti diketahui, Microsoft masih belum mengumumkan versi final dari Windows 11. Bahkan, peluncuran resmi Windows 11 masih terbilang cukup lama, yakni pada musim libur di akhir 2021 mendatang.

Rencana penyebaran BISO baru ASUS ini pun masih belum diketahui. Namun, sebuah laporan mengatakan, sebagian besar motherboard ROG dan Prime milik Asus telah menerima pemberian BIOS ini.

Seperti diketahui, Windows 11 akan dapat berjalan di beberapa motherboard berbasis Intel 500-series, 400-series, dan 300-series. Di sisi lain, untuk AMD, motherboard yang didukung adalah seri 500, seri 400, dan seri 300.

Asus sendiri, seperti dilaporkan Wccftech (5/8) telah mengonfirmasi di FAQ bahwa Intel 200-series dan motherboard sebelumnya tidak kompatibel dengan Windows 11. Faktanya, vendor tersebut melarang pemilik untuk membeli modul TPM 2.0 untuk motherboard mereka karena mungkin tidak berfungsi.

Mereka juga tidak memberikan changelog mendetail tentang apa sebenarnya yang diubah di pembaruan BIOS tersebut.

Seperti diketahui, salah satu persyaratan paling kontroversial untuk menjalankan Windows 11 adalah persyaratan keras untuk dukungan Trusted Platform Module (TPM) 2.0. Ini membuat para pengguna komputer dan laptop lawas tidak akan dapat menjalankan OS tersebut.

TPM 2.0 memulai debutnya kembali pada 2015, sehingga aman untuk mengasumsikan motherboard yang keluar setelah tahun 2015 harusnya sudah mendukung TPM 2.0. Sayangnya, beberapa motherboard dikirimkan tanpa fitur yang diaktifkan.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia