Samsung kalahkan Intel sebagai produsen chip terbesar dunia

Pada kuartal kedua tahun ini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut berhasil menyalip Intel untuk menjadi produsen chipset teratas dunia.

Samsung telah berhasil mencapai tonggak prestasi penting dalam industri semikonduktor. Perusahaan tersebut kini menjadi produsen chipset terbesar di dunia dalam hal pendapatan pada kuartal kedua ini, mengalahkan raksasa industri Intel.

Pada kuartal kedua tahun ini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut berhasil menyalip Intel untuk menjadi produsen chipset teratas dunia dalam hal pendapatan. Menurut para analis, posisi ini diperkirakan akan tetap sama dalam waktu dekat. Selama periode ini, Samsung menghasilkan 22,74 triliun won (Rp283,5 triliun).

Dilansir dari Gizmochina (4/8), sementara itu Intel memegang posisi teratas selama tiga dekade terakhhir, hanya kalah dari pabrikan Korea Selatan itu pada 2017 dan 2018, selama tren penjualan chipset memori. Samsung mengungkapkan laporan keuangannya pekan lalu, di mana, mereka juga melaporkan mengalami peningkatan tahun ke tahun 54% dalam hal keuntungan operasional secara keseluruhan pada kuartal kedua. Khususnya, perusahaan mengaitkan performanya yang luar biasa dengan harga chipset DRAM dan NAND yang lebih tinggi dari yang diharapkan karena permintaan yang terpendam dalam pandemi.

Meski saat ini Samsung telah memimpin atas Intel, para ahli percaya bahwa ini mungkin tidak akan bertahan untuk waktu yang lama. Pasalnya, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu secara agresif mendorong maju dengan proyek ambisiusnya untuk menjadi pemimpin dalam bisnis pembuatan chipset mutakhir untuk pabrikan chipset fabless dan desainer chipset.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia