spesifikasi Snapdragon 898

Dalam sebuah bocoran terbaru yang diungkapkan oleh Ice Universe memperlihatkan Snapdragon 898 akan memiliki kecepatan hingga 3,09GHz.

Qualcomm saat ini dikabarkan tengah menyiapkan event untuk mengumumkan Snapdragon 898 di akhir tahun 2021 ini. SoC tersebut dipersiapkan untuk menghadapi Samsung Exynos 2200 yang diklaim memiliki performa yang sangat tinggi.

Berbagai sumber mengatakan bahwa SoC tersebut akan menggunakan teknologi fabrikasi 4nm. Ini artinya, kita akan mendapatkan peningkatan kecepatan clock yang berarti akan memiliki performa yang lebih baik.

Untuk struktur dari chipset itu sendiri, Qualcomm disebut masih akan bertahan dengan desain CPU tri-cluster. Ini berarti, tidak ada perubahan drastis dari sisi desain cluster jika dibandingkan dengan SoC mereka hingga beberapa tahun yang lalu.

Hal ini bocor dari salah satu leaker kenamaan, Ice Universe. Wccftech (6/8) mengatakan, Ice Universe mengatakan bahwa alih-alih menggunakan konfigurasi CPU quad-cluster, Qualcomm masih akan menggunakan konfigurasi lama.

Dan berikut ini kemungkinan konfigurasi tri-cluster dari Snapdragon 898 :

Satu inti Kryo 780, kemungkinan didasarkan pada Cortex-X2, berjalan pada 3,09GHz
Tiga inti Kryo 780, kemungkinan didasarkan pada Cortex-A710, berjalan pada 2.4GHz
Empat inti Kryo 780, kemungkinan didasarkan pada Cortex-A510, berjalan pada 1,8GHz

Dia juga menyatakan bahwa dia melihat kecepatan clock Super Core berjalan pada 3.09GHz, menunjukkan bahwa purwarupa dari SoC ini kemungkinan sedang diuji. Dan hingga saat ini kecepatan tersebut masih belum berubah.

Qualcomm juga menyediakan frekuensi untuk inti Kryo 780 yang lebih irit daya. Inti tersebut dikabarkan akan memiliki performa yang setara dengan inti Kryo 680 yang ditanam di Snapdragon 888. Tapi, bukan berarti tidak akan ada penambahan performa apapun dari inti tersebut mengingat SoC ini dibangun dengan teknologi fabrikasi 4nm.

Sayangnya, belum diketahui vendor mana saja yang sudah tertarik untuk menggunakan SoC ini. Kemungkinan besar, beberapa perusahaan seperti Xiaomi dan lainnya sudah siap untuk menampung SoC tersebut.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia