WhatsApp luncurkan fitur hapus foto dan video rahasia

WhatsApp meluncurkan fitur View Once yang memungkinkan foto atau video terhapus secara otomatis setelah dilihat sekali oleh penerima.

WhatsApp baru saja meluncurkan fitur bernama “View Once.” Fitur ini memungkinkan foto dan video yang dikirimkan akan terhapus secara otomatis setelah satu kali dibuka oleh penerima. Dengan kata lain, pengguna hanya memiliki satu kesempatan untuk melihat foto atau video yang dikirimkan dengan fitur ini.

Untuk mengirim foto atau video dengan fitur View Once, pengguna hanya perlu mengetuk tombol “!” yang terdapat di sebelah kiri tombol kirim. Setelah penerima membukanya sekali, mereka tidak bisa lagi membuka file tersebut. File yang sudah dilihat itu akan menunjukkan keterangan “Opened” dengan warna abu-abu.

Ini mengingatkan kita saat mengirim video dan foto lewat pesan di Instagram. Sebelumnya, jika mengirim foto atau video yang langsung ditangkap dari kamera Instagram dan dikirimkan secara personal, itu akan menghilang setelah beberapa detik dibuka.

Dilansir dari The Verge (4/8), fitur View Once sebelumnya sudah pernah dikonfirmasi akan datang oleh Mark Zuckerberg pada Juni lalu. Meskipun saat itu Zuckerberg tidak menjelaskan rincian tentang kapan akan dirilis, namun WaBetaInfo mengungkapkan fitur tersebut sedang dalam versi beta selama sekitar satu bulan.

Sebagai contoh bagaimana fitur View Once akan bermanfaat bagi pengguna, WhatsApp mencontohkan pengiriman foto dengan informasi sensitif, seperti kata sandi WiFi. Ke depannya, pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk membagikan hal sensitif atau rahasia, yang tidak ingin orang lain menyimpannya atau berpotensi dibocorkan. Fitur ini juga menambahkan opsi yang sudah ada, antara lain opsi menghilangkan pesan setelah seminggu.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia