10 fakta menakjubkan luar angkasa

Banyak fakta menarik jika membahas luar angkasa. Berikut 10 fakta menarik terkait luar angkasa yang mungkin kamu belum tahu.

Mungkin banyak dari kalian belum mengetahui beberapa hal mengenai luar angkasa, faktanya banyak sekali hal menakjubkan di luar angkasa yang akan sangat berbeda dengan di bumi yang kita tinggali saat ini. Mulai dari berbagai macam bintang yang mungkin belum kita ketahui sampai dengan macam-macam planet beserta isinya.

Maka dari itu, kali ini Tek.id akan berbagi info untuk sahabat Tek terkait misteri di luar angkasa dan mengenal berbagai objek serta fakta menarik yang ada di luar angkasa.

Luar angkasa sangat sunyi

Luar angkasa tidak memiliki atmosfer, itu artinya suara tidak memiliki medium atau cara untuk bergerak saat di luar angkasa. Biasanya Astronot akan menggunakan radio untuk tetap berkomunikasi selama mereka berada di luar angkasa, karena gelombang dari radio masih bisa dikirim dan diterima saat di luar angkasa.

Planet terpanas di tata surya kita mencapai suhu 450° C

Venus merupakan planet terpanas yang ada di tata surya kita yang memiliki suhu permukaan rata-rata sekitar 450° C. Menariknya adalah Venus bukanlah planet yang dekat dengan matahari, justru planet Merkurius lah yang lebih dekat dengan matahari. Tetapi karena memiliki atmosfer untuk mengatur suhu, maka suhu di Merkurius tidak sepanas di Venus.

Kemungkinan ada kehidupan di Mars

Mungkin fakta ini sudah tidak asing didengar, bahwa kemungkinan ada kehidupan seperti di Bumi pada planet Mars. Dugaan ini dikarenakan Mars merupakan salah satu planet yang ramah untuk kehidupan. Fakta ini terungkap pada tahun 1986, saat NASA menemukan kemungkinan sebuah fosil makhluk hidup mikroskopis (benda/objek, partikel yang berukuran sangat kecil) di sebuah batu yang ada di Mars.

Tidak ada yang mengetahui ada berapa banyak bintang di luar angkasa

Ukuran luar angkasa yang sangat luas membuat ilmuwan kesulitan untuk secara akurat memprediksi berapa banyak bintang yang ada di luar angkasa saat ini. Para ilmuwan dan astronom hanya memprediksi jumlah bintang yang ada di galaxy kita yaitu, galaxy Bima Sakti yakni berkisar antara 200-400 miliar bintang dan ilmuwan memperkirakan masih ada miliaran galaxy sehingga bintang-bintang di luar angkasa sulit untuk diprediksikan.

Komet Halley tidak akan mengorbit melewati Bumi lagi hingga tahun 2061

Komet terkenal ini awalnya ditemukan oleh Edmond Halley pada 1705 dan terakhir kali terlihat pada 1986, meskipun demikian komet ini hanya terlihat sekali setiap 75 tahun sampai 76 tahun, yang artinya kemungkinan kita bisa melihat komet ini lagi pada 2061.

Setelan lengkap antariksa NASA seharga $12.000.000 atau setara dengan Rp1.6 triliun

Ternyata setelan dari NASA yang digunakan astronot memiliki nilai yang sangat fantastis mencapai triliun. Dari setelan tersebut 70% biayanya untuk ransel dan juga modul kontrol, tak heran jika setelan antariksa NASA memiliki harga yang fantastis.

Bintang neutron dapat berputar hingga 600 kali per detik

Bintang neutron merupakan bintang terpadat dan terkecil di alam semesta yang diketahui saat ini, meskipun radius mereka hanya sekitar 10 km (6 mil), tetapi mereka mungkin memiliki massa beberapa kali dari massa Matahari. Sehingga bintang ini dapat berputar hingga 600 kali per detik setelah mereka lahir dari ledakan bintang supernova.

Kemungkinan ada planet yang terbuat dari berlian

Penelitian dari ilmuwan Universitas Yale menunjukan bahwa planet berbatu yang dinamakan 55 Cancri e yang memiliki radius dua kali dari Bumi dengan massa delapan kali lebih besar, mungkin memiliki permukaan yang terbuat dari grafit dan berlian.

Jejak kaki yang ada di bulan akan tetap ada di sana hingga 100 juta tahun

Bulan tidak memiliki atmosfer sehingga tidak ada angin yang mengikis permukaan dan tidak ada air untuk membersihkan jejak kaki tersebut. Artinya jejak kaki astronot Apollo, bersama dengan jejak pesawat ruang angkasa akan tetap ada di sana selama jutaan tahun.

Satu hari di Venus seperti lebih dari satu tahun

Venus memiliki rotasi sumbu yang lambat sehingga membutuhkan 243 hari di Bumi untuk menyelesaikan harinya. Orbit Venus yang mengelilingi Matahari sama dengan 225 hari di Bumi, membuat satu hari di Venus seperti lebih dari satu tahun di Bumi.

Beberapa fakta-fakta tersebut mungkin akan membuat kamu tercengang, selain itu masih banyak lagi fakta menarik mengenai luar angkasa yang belum kita ketahui karena masih dipelajari oleh ilmuwan dan astronomi.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia