Aplikasi untuk memperbaiki foto buram

Foto buram memang tidak bisa dihindari. Namun, jangan khawatir, karena beberapa aplikasi ini dapat memperbaiki foto buram Anda.

Hasil foto yang buram terkadang menjadi suatu hal yang menyebalkan. Mengapa? Karena sering kali kita sudah merasa sudah oke untuk berfoto, namun saat diperiksa atau dilihat kembali hasilnya malah buram atau blur. Padahal momen dan gaya sudah kece untuk diabadikan melalui foto.

Jika ingin mengulang kembali untuk menjepret foto pasti akan berbeda momennya maupun gayanya. Pasti Anda juga pernah kan mengalami hal yang serupa? Saat itulah aplikasi untuk memperbaiki foto yang buram menjadi berguna. Memangnya ada? Tentu saja ada, jika Anda mengikuti beberapa aplikasi dan trik berikut ini:

1. Lightroom

Semua orang yang suka mengedit foto pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Ya, aplikasi Lightroom memang sudah menjadi salah satu aplikasi edit foto yang andal. Untuk menggunakannya, Anda perlu masuk menggunakan akun Adobe atau bisa dengan akun Facebook atau akun Google.

Sebagian besar aplikasinya gratis, tetapi memiliki beberapa fitur ekslusif berbayar. Untungnya, untuk menghilangkan blur dari foto Anda bukanlah salah satunya! Setelah Anda memiliki aplikasi ini, lalu cari ikon Detail di menu strip. Lightroom memiliki beberapa slider seperti, penajaman (jumlah), Radius dan Detail.

Anda dapat mengontrol area gambar mana yang akan diterapkan efek penajaman menggunakan menu Slider masking. Cara kerjanya, Anda ketuk gambar, lalu Anda akan melihat topeng hitam untuk menutupinya. Kemudian saat Anda memindahkan slider, Lightroom akan menunjukkan bagian-bagian yang terpengaruh oleh alat penajaman berwarna putih.

2. Enhance Photo Quality

Jika Anda mencari aplikasi sederhana dan mudah digunakan untuk membantu Anda dalam memperbaiki foto buram, Enhance Photo Quality adalah pilihan aplikasi yang tepat.

Untuk menajamkan foto yang buram, caranya Anda buka aplikasi Enhance Photo Quality dan buka menu dropdown, lalu akan muncul ikon ketajaman. Untuk meningkatkan ketajaman, gerakan putaran ke arah tanda +. Efek penajaman sangat anda pada aplikasi ini. Sesuaikan tingkat ketajaman menurut referensi Anda.

3. Lumii

Lumii adalah aplikasi gratis dengan menerapkan versi “Pro” berbayar. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuat beberapa efek artistik dan kreatif.

Untuk memperbaiki foto yang buram atau blur, Anda dapat menaikan level Bintik dengan level mempertajam dan meningkatkan kontras. Anda dapat melakukan pengeditan di menu Sesuaikan.

4. Photo Director

Photo Director merupakan aplikasi pengeditan foto yang elegan. Anda dapat dengan mudah menggunakan berbagai macam alat dan efek. Sederhananya, Anda bisa memperbaiki gambar yang buram dengan cara menggabungkan alat seperti Dehaze, HSL, dan HDR. Jika Anda memiliki beberapa titik yang dianggap tidak penting pada gambar yang buram, itu juga dapat dihilangkan menggunakan alat hapus atau Klon.

5. PhotoSoft

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi kamera serta editor gambar. Tentunya, PhotoSoft memiliki kemampuan yang cukup baik untuk pengeditan termasuk penghilang noise, memperhalus, dan pastinya alat penajam dan alat efek HD.

Aplikasi ini juga sangat memungkinkan Anda untuk menyesuaikan detail dan intensitas warna untuk memberi tampilan HDR pada foto. Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan.

6. PhotoSuite 4 Free

PhotoSuite 4 Free menyediakan beberapa efek pengeditan Photoshop. Tentu saja termasuk penajaman, penyesuaian Exposure, Contrast, Highlight, dan Shadow. Beberapa kualitas efeknya cukup baik untuk Anda yang ingin mempelajari bagaimana cara menggunakan aplikasi ini.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat peningkatan yang cukup signifikan pada foto Anda. PhotoSuite 4 Free menawarkan efek dan menu yang canggih.

7. Photo Editor Pro

Photo Editor Pro adalah aplikasi pengeditan foto yang gratis dan juga ada versi “Pro” alias berbayar. Aplikasi ini memiliki alat penajam untuk memperbaiki gambar yang buram dan berfungsi dengan baik. Anda dapat meningkatkan efek penajaman dengan menyesuaikan kontras juga.

7 Aplikasi di atas adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki foto buram. Ketujuh aplikasi tersebut tentu dapat membantu permasalahan foto yang buram.

Selamat mencoba!

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia