Apple tingkatkan fitur keamanan anak di iMessage, iCloud, da

Apple akan segera menghadirkan tiga fitur baru terkait keamanan anak di jejaring, di iMessage, iCloud, dan Siri.

Apple merilis serangkaian fitur di seluruh platformnya yang ditujukan untuk melindungi anak-anak secara online. Ini termasuk sistem yang dapat mendeteksi materi pelecehan anak di iCloud, sambil menjaga privasi pengguna.

Perusahaan mengumumkan fitur keamanan anak baru di tiga area, akan membantu melindungi anak-anak dari pemangsa dan membatasi penyebaran Materi Pelecehan Seksual Anak (CSAM). Pengumuman resmi melaporkan Apple akan memulai debut beberapa jenis sistem untuk mengekang CSAM pada platformnya.

“Di Apple, tujuan kami adalah menciptakan teknologi yang memberdayakan orang dan memperkaya hidup mereka sambil membantu mereka tetap aman,” tulis perusahaan dalam siaran pers yang dikutip dari Apple Insider (6/8).

Ketiga fitur tersebut meliputi, menerapkan alat baru di Message yang memungkinkan orangtua untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana anak mereka berkomunikasi secara online. Aplikasi tersebut juga akan menampilkan peringatan kepada anak-anak dan orang tua ketika mereka menerima atau mengirim foto seksual vulgar.

Selanjutnya, perusahaan juga menggunakan sistem baru yang memanfaatkan teknik kriptografi untuk mendeteksi koleksi CSAM yang disimpan di iCloud Photo. Ini akan berguna untuk memberikan informasi kepada penegak hukum.

Perlu diketahui, Apple tidak memindai gambar dalam praktik ini. Sebagai gantinya, mereka menggunakan kecerdasan pada perangkat untuk mencocokkan CSAM dengan basis data hash yang diketahui yang disediakan oleh NCMEC (pusat pelaporan untuk materi pelecehan anak di AS) dan organisasi keselamatan anak lainnya. Basis data ini diubah menjadi kumpulan hash yang tidak dapat dibaca yang disimpan dengan aman di perangkat pengguna.

Fitur terakhir yakni alat keamanan baru di Siri dan Search yang saat ini masih dalam pengembangan tim. Pengguna iPhone dan iPad akan dapat bertanya kepada Siri bagaimana mereka dapat melaporkan CSAM atau eksploitasi anak. Siri kemudian akan menyediakan sumber daya dan panduan yang sesuai.

Ketiga fitur tersebut juga telah dioptimalkan untuk meningkatkan privasi, memastikan Apple dapat memberikan informasi tentang aktivitas kriminal kepada pihak yang berwenang tanpa mengancam informasi pribadi pengguna.

Fitur-fitur baru akan debut dalam pembaruan untuk iOS 15, iPadOS 15, macOS Monterey, dan watchOS 8.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia