Pendingin RAM DDR5 harus baik

Dalam sebuah pernyataan, petinggi Corsair mengatakan bahwa RAM DDR5 dapat berjalan sangat panas, sehingga membutuhkan pendinginan yang baik.

Corsair baru saja memberikan informasi terkait teknologi memori terbaru. Mereka mengumumkan bahwa RAM DDR5 akan memerlukan dukungan sistem pendinginan yang baik. Hal ini dikarenakan, RAM DDR5 tidak seperti RAM DDR3 dan DDR4. Di mana RAM DDR5 bisa mencapai kecepatan yang sangat tinggi.

Corsair pun mengatakan, mereka sudah menargetkan untuk memiliki RAM dengan performa mulai dari 6400 MT/s dan terus berlanjut hingga 12600 MT/s. Oleh karena itu, modul RAM DDR5 harus memiliki heat spreader yang mumpuni.

“DDR5 mungkin bisa berjalan jauh lebih panas daripada DDR4 (karena) modul ini memindahkan pengaturan voltase dari motherboard ke (modul) RAM, jadi pengguna sebenarnya bisa memompa lebih banyak panas ke dalam RAM,” kata direktur pemasaran DIY di Corsair, George Makris seperti dikutip dari laman Tom’s Hardware (8/8).

DDR5 dikembangkan untuk mendukung penskalaan kinerja untuk beberapa tahun mendatang. Arsitektur DDR5 akan memungkinkan pembuat DRAM untuk menghasilkan chip DDR5-12600 berstandar JEDEC di masa depan, tapi belum akan hadir dalam waktu dekat ini.

Namun, pihak Corsair pun mengatakan bahwa mereka tidak akan khawatir dengan modul RAM yang mereka kembangkan. Mereka memastikan semua RAM DDR5 milik mereka akan dapat berjalan dengan baik.

Sayang, hingga saat ini pihak Corsair masih belum mengungkapkan kehadiran jajaran RAM DDR5 mereka. Tapi, beberapa vendor lain mengatakan sudah siap untuk menjual modul RAM DDR5 mereka pada akhir 2021 mendatang.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia