SoC Tensor Google diproduksi Samsung

Dalam sebuah bocoran terbaru, disebutkan bahwa Samsung akan menggarap SoC terbaru milik Google, yakni Tensor.

Seperti diketahui, Google telah mengumumkan kehadiran SoC buatan mereka sendiri, bernama Tensor. Mereka mengatakan ini akan hadir di jajaran smartphone terbaru, yakni Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Namun, hingga saat ini masih belum diketahui siapa yang akan menggarap SoC milik Google tersebut. Dalam sebuah bocoran terbaru dari Wccftech (6/8), disebutkan bahwa Tensor akan digarap oleh Samsung.

Pihak Google pun akan menggunakan teknologi fabrikasi 5nm milik Samsung. Hal ini cukup aneh mengingat Snapdragon 898 dan Exynos 2200, yang akan menggunakan teknologi 4nm mereka masing-masing.

Meski demikian, beberapa pihak, seperti Nikkei mengatakan hal sebaliknya. Mereka menemukan informan yang mengatakan pembuatan SoC Tensor Google masih memiliki keterlibatan dengan TSMC.

Kemungkinan besar, Samsung hanya akan memproduksi secara massal silikon kustom tersebut. Seperti diketahui, 2020 lalu ada kabar bahwa Google dan Samsung memiliki kolaborasi di mana mereka menguji chip ARM 8-core untuk smartphone dan Chromebook masa depan.

Meski menggunakan teknologi fabrikasi 5nm, namun kemungkinan besar SoC ini akan memiliki performa yang tak kalah dengan SoC lain yang menggunakan teknologi fabrikasi 4nm. Bahkan, SoC Tensor memiliki teknologi yang lebih canggih dari SoC lainnya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia