Zoom ingin selesaikan tuntutan privasi siap bayar USD85 juta

Zoom belum lama dituntut karena masalah keamanan privasinya, dan kini perusahaan ingin membayar USD85 juta dan berjanji meningkatkan keamanan privasi untuk menyelesaikan tuntutan tersebut.

Zoom baru saja mengusulkan kesepakatan untuk menyelesaikan gugatan atas keamanan dan privasi pada platformnya. Perusahaan menawarkan uang kompensasi sebesar USD85 juta dan berjanji untuk meningkatkan kebijakannya dan mengakhiri tindakan hukum yang belum lama ini menggugatnya.

Sebelumnya, layanan obrolan video tersebut menjadi fokus gugatan di Pengadilan Distrik Amerika Serikan untuk Distrik Utara California. Laporan ini menuduh Zoom telah memberikan informasi pengguna pribadi kepada pihak ketiga tanpa kejelasan kepada pengguna yang bersangkutan. Zoom diklaim memberikan data kepada Facebook dan tidak bisa mengatasi peretasan seperti “zoombombing” yang sempat ramai kala itu.

Menurut laporan dari Bloomberg (2/8), tampaknya Zoom ingin keluar dari pertarungan hukum tersebut. Perusahaan mengajukan untuk membayar kompensasi dan bersikeras hal-hal yang digugat tidak akan terjadi lagi.

Zoom membayar hingga USD85 sebagai uang kompensasi yang mereka tawarkan. Ini juga termasuk USD25 untuk penyelesaian pelanggan Zoom berbayar yang dicakup oleh litigasi class action, serta USD15 untuk individu yang tidak dapat mengajukan klaim langganan berbayar.

Zoom akan diminta untuk meningkatkan praktik privasinya. Namun menurut laporan, detail pasti terkait perubahan ini belum diberikan. Di samping itu, penyelesaian ini belum final, karena belum mendapat persetujuan dari Hakim Distrik AS Lucy Koh.

Seperti diketahui, pengguna Zoom meningkat 6x lipat sejak pandemi memaksa lebih banyak orang untuk bekerja dan belajar dari rumah. Perusahaan memiliki 497.000 pelanggan, naik dari 81.900 pengguna pada Januari 2020. Namun menurut prediksi, pertumbuhan pelanggan dapat melambat atau menurun seiring lebih banyak orang sudah mendapatkan vaksin dan kembali bekerja di kantor.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia