AMD Ryzen 3 5300G bisa berjalan di 5,5 GHz

Seorang overclocker dari Korea Selatan, Safedisk, dilaporkan dapat menarik APU AMD Ryzen 3 5300G di kecepatan 5,52 GHz.

Seri APU AMD merupakan salah satu CPU populer untuk para gamer dengan budget terbatas. Hal ini dikarenakan CPU ini memiliki GPU terintegrasi yang memiliki performa yang cukup untuk menjalankan berbagai macam gim dengan cukup lancar.

Namun ternyata, bukan hanya dari sisi harga dan GPU yang cukup bertenaga saja. Namun ternyata, AMD memberikan satu potensi lain yang sering kali diabaikan para penggunanya, yakni kemampuan overclock yang tinggi.

Seperti diketahui, AMD baru saja meluncurkan dua APU terbaru. Tapi, ada satu APU lain yang belum mereka luncurkan di Indonesia, yakni Ryzen 3 5300G. APU ini memiliki total 4 core dan 8 thread, yang merupakan konfigurasi standar saat ini.

Ternyata, ada seorang overclocker dari Korea Selatan bernama Safedisk yang sudah bermain-main dengan APU tersebut. Dia menemukan fakta bahwa APU ini memiliki potensi yang sangat besar.

Safedisk pun dapat mencapai kecepatan 5,52 GHz dimana sangat tinggi untuk sebuah APU. Dia menggunakan motherboard ASUS ROG Crosshair VIII Extreme dengan RAM G.Skill Ripjaws V DDR4-2066 16 GB (CL14-14-14-28-1T).

Untuk hasil benchmark, di Y-Cruncher misalnya, AMD Ryzen 3 5300G di kecepatan 5,4 GHz dapat mencapai skor 53 detik dan 681ms yang jauh lebih cepat daripada Core i7-7740X, CPU 4-core tercepat sebelumnya yang berjalan di 6,4 GHz.

Hal yang sama juga terjadi di Geekbench dimana Ryzen 3 5300G yang berjalan di 5,52 GHz mencapai skor 32200 poin atau sekitar 2% lebih cepat dari rekor sebelumnya, seperti lapor Wccftech (9/8).

Ini berarti, para pengguna dapat melakukan overclock di APU mereka dengan kecepatan yang cukup tinggi. Tapi perlu diingat, jika kalian ingin melakukan overclock, pastikan kalian menggunakan pendinginan yang mumpuni.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia