Dom Riccobene habiskan 400 jam, buat versi asli peta GTA V

Desainer produk Dom Riccobene membuat versi asli dari peta GTA V menggunakan printer 3D dan perangkat lunak pemetaan khusus selama 400 jam.

Seorang desainer produk, Dom Riccobene menghabiskan lebih dari 400 jam untuk membuat versi asli dari peta Grand Theft Auto V. Peta fisik ini ia buat menggunakan alat cetak 3D, perangkat lunak desain kustom, dan banyak lagi.

Seperti diketahui, pengembang GTA, Rockstar Games dikenal dengan open world-nya yang sangat detail. Banyak yang mengagumi peta permainannya yang rumit, terutama untuk seri Red Dead Redemption. Juli lalu, seorang penggemar menggabungkan peta dari gim RDR untuk menunjukkan bagaimana kedua dunia itu tumpang tindih dan perbedaan skalanya.

Sejalan dengan itu, Riccobene mengaku menggunakan Red Dead Redemption 2 dalam proses pembuatan peta GTA V. Ia menggunakan skrip kustom yang awalnya digunakan untuk memindai karakteristik fisik dunia RDR2, baru setelah itu skrip digunakan untuk GTA V.

Dilansir dari ScreenRant (9/8), Riccobene menjelaskan skrip kustom tersebut berfungsi untuk mengumpulkan ketinggian tanah dalam radius 500-1000 meter di dalam gim. Riccobene memindai 500 juta koordinat dan menerjemahkannya ke peta fisik.

Koordinat tersebut berfungsi untuk tahap selanjutnya, yakni membuat grid ketinggian menggunakan perangkat lunak pemetaan dan kartografi profesional. Setelah itu, barulah Riccobene dapat beralih ke printer 3D untuk mencetak dan mulai merakit peta.

Peta GTA V dicetak tiga dimensi dalam potongan segmen kecil. Dengan detail yang lebih sedikit, pencetakan hanya membutuhkan waktu satu jam, namun ketika menemui detail yang rumit, membutuhkan waktu cetak hingga 12 jam.

Secara keseluruhan, proses pencetakan memakan waktu sekitar 125 jam. Jika digabungkan dari sejak awal proyek hingga benar-benar selesai, maka Riccobene menghabiskan 400 jamnya untuk membangun peta fisik ini. Meski demikian, desainer itu mengatakan ini adalah proyek yang paling menyenangkan dan menantang secara teknis yang pernah ia kerjakan.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia