Ini Bahaya Cetak Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Buat Syarat Belanja

Headlines.id – Akhir-akhir ini sedang tren di kalangan masyarakat sertifikat vaksin yang dicetak jadi kartu. Bukan tanpa alasan, masayarakat memilih mencetak sertifikat vaksin agar lebih mudah membawanya.

Melansir GridHealth.ID, mencetak sertifikat vaksinasi Covid-19 menjadi berbentuk kartu dianggap lebih efeisien bagi masyarakat. Pasalnya, bisa dengan mudah disimpan di dompet dan tinggal ditunjukkan saja.

Hal ini pun dirasa cukup berbahaya, mencetak sertifikat vaksin akan membuat data anda mudah dicuri.

Seperti yang kita tahu, sertifikat vaksin Covid-19 mengandung data-data pribadi yang sangat penting. Dalam sertifikat tersebut tersimpan nomor KTP dan QR Code yang juga memiliki data penting terkait vaksinasi Covid-19.

“Pemilik sertifikat vaksinasi Covid-19 perlu menyadari bahwa sertifikat tersebut menyimpan data pribadi seperti nomor KTP dan QR code yang berisi data pribadi lainnya. Kami mengimbau agar pemilik sertifikat vaksinasi Covid-19 dapat menjaga dengan baik data-data yang tersimpan di dalamnya,” kata juru bicara Kominfo Dedy Permadi, dikutip dari Kompas.com.

Kendari demikian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa sertifikat vaksin Covid-19 bisa menjadi syarat wajib berbelanja hingga pergi ke berbagai tempat.

“Sekarang kita mau pelan-pelan orang yang mau masuk Malioboro harus punya kartu vaksin. Orang yang masuk Malioboro harus pakai ini (kartu vaksin),” ujar Luhut usai memantau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Setda Sleman, Jumat (6/8/2021).




IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia