Samsung masih pimpin pasar smart TV global

Perusahaan elektronik asal Tiongkok TCL mencatat lonjakan pengiriman, memuncak pada 11,1 juta unit dalam 6 bulan pertama tahun ini.

Avi Cloud (AVC) telah menerbitkan “Laporan Data Bulanan Pengiriman Merek TV Global” yang menunjukkan performa berbagai produsen TV pada semester pertama tahun ini. Laporan tersebut menunjukkan bahwa perkiraan total 98,3% smart TV dikirimkan pada paruh pertama 2021. Ini menunjukkan pasar tumbuh sebesar 6,8% untuk periode tahunan (YoY).

Laporan ini juga mengungkapkan pergeseran yang mengesankan oleh konsumen terhadap TV OLED, karena diperkirakan 2,7 juta TV OLED dikirimkan selama periode tersebut mewakili peningkatan tahun-ke-tahun sebesar 133,3%. Ini adalah tren mengesankan yang dimungkinkan karena semakin banyak pabrikan layar Tiongkok menyempurnakan keterampilan OLED mereka.

Dilansir dari Gizmochina (9/8), dalam hal merek individu, Samsung menempati peringkat pertama dengan perkiraan pengiriman 20,8 juta unit, meningkat 11,9% YoY. Tahun ini merupakan tahun ke-15 berturut-turut Samsung memimpin pasar smart TV global. Saingan raksasa elektronik asal Korea Selatan LG berada di tempat kedua dengan perkiraan pengiriman 13,1 juta unit.

Perusahaan elektronik asal Tiongkok TCL mencatat lonjakan pengiriman, memuncak pada 11,1 juta unit dalam 6 bulan pertama tahun ini. Selain menempati peringkat ketiga, TCL juga muncul sebagai produsen smart TV nomor 1 di Tiongkok. Pengiriman TCL menunjukkan peningkatan YoY sebesar 13,6%.

Hisense mengirimkan sekitar 8,4 juta unit yang mewakili peningkatan tahunan sebesar 5,5% untuk menempati posisi nomor 4. Xiaomi melengkapi 5 besar dengan pengiriman 5,4 juta unit. Sisa dari 10 posisi teratas masing-masing ditempati oleh Sony, Vizio, Philips+AOC, Skyworth, dan Sharp.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia