Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Otak

Headlines.id – Ketika makanan menjadi bagian dari pola makan dan gaya hidup, ternyata makanan yang baik bagi tubuh juga baik untuk otak. Pola makan untuk menjaga kesehatan otak bisa dikatakan sama dengan pola makan dinilai dapat mengurangi risiko penyakit kronis lainnya akibat dampak dari bertambahnya usia. Contohnya seperti penyakit jantung dan diabetes. Pola makan tersebut mencakup mengonsumsi buah, sayuran, biji-bijian, lemak sehat, dan protein tanpa lemak. Ada juga penelitian yang menyakatan bahwa olahraga dapat meningkatkan daya ingat, sehingga olahraga teratur dan pola makan yang sehat serta tepat bila dikombinasikan dapat menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Dengan begitu banyak fungsi dari otak untuk menunjang kegiatan harian, tak mengherankan bila otak dapat meningkatkan nafsu makan untuk memenuhi kebutuhan kalori. Dari semua kalori yang dibakar saat istirahat, biasanya digunakan sebagai sumber energi utama fungsi dasar tubuh. Seperempatnya digunakan untuk bahan bakar fungsi otak.

Energi utama otak adalah glukosa yang berasal dari gula yang beredar di dalam darah dan merupakan hasil akhir dari olahan makanan sumber karbohidrat. Selain itu, otak juga membutuhkan sumber energi lain dari lemak juga dalam kondisi yang benar-benar dibutuhkan. Namun, glukosa tetaplah pilihan utama.

Ketika ketersediaan glukosa di dalam darah berada dalam jumlah cukup, ternyata sangatlah menunjang fungsi dan kinerja otak. Kondisi ini dapat dijadikan alasan mengapa terkadang kita mendadak merasa bosan atau selalu memikirkan makanan disepanjang kegiatan yang dijalani. Saat kadar gula menurun, maka kemampuan untuk berpikir jernih pun akan menurun.




IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia