8 Hobi yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Asal Digarap Profesional

unsplash.com

Seringkali hanya dianggap selingan saat suntuk, ternyata hobi bisa lho kamu sulap jadi sumber penghasilan tambahan bahkan utama kalau bisa melesat. Asal hobinya positif dan kamu mau mengerjakannya secara serius atau profesional, apapun bisa terjadi.

Ingat di mana kita menanam, di situlah kita akan mendapatkan hasilnya. Berikut beberapa hobi yang kiranya punya potensi menghasilkan. Cek, siapa tahu kamu sudah mulai menggelutinya.

1. Menggeluti cabang olahraga baru



unsplash.com

Merasa terlalu tua untuk menekuni atau melatih skill olahragamu? Salah besar, mungkin kamu memang nggak bisa jadi pemain sepak bola atau pebulutangkis yang harus berlatih sejak belia. Namun, kamu bisa mencuri kesempatan dengan menggeluti cabang-cabang olahraga baru.

Misalnya skateboarding, surfing, catur, atau e-sport. Tak ada batasan usia, kamu yang sudah berusia 20an ke atas pun bisa memulainya sekarang. Jika serius kamu masih punya kemungkinan bertandang di berbagai turnamen besar.



2. Membuat kerajinan



unsplash.com

Memulai bisnis kerajinan juga tak mengenal usia. Kamu bisa memulainya kapan saja. Asal punya ketertarikan khusus di bidang ini dan mau belajar sepertinya kemungkinan berhasil selalu ada. Untuk sektor ini, kamu butuh originalitas dan keunikan yang ditawarkan. Banyak hal yang bisa kamu buat dengan tangan, pottery, embroidery, kerajinan kayu atau kulit juga bisa.

3. Ilustrasi



unsplash.com

Mirip dengan kerajinan, kamu membutuhkan keunikan dan orisinalitas saat akan menggeluti bisnis di bidang ilustrasi. Tentu proses menemukan gaya khas gambarmu bukan hal yang sebentar.

Perlu latihan rutin dan kemauan keras. Setelah menemukannya pun, kamu wajib belajar etika-etika bisnis. Beberapa yang penting termasuk kemampuan administrasi, menentukan harga, hingga durasi pengerjaaan. Tepat waktu, disiplin, dan bisa menentukan batas apa yang bisa dan tidak bisa kamu kerjakan juga sangat berpengaruh.

4. Menulis dan proofreading



unsplash.com

Para pecinta literasi pun punya peluang mengembangkan hobinya sebagai bisnis. Kamu bisa jadi proofreader untuk alih bahasa asing misalnya. Atau jadi penulis lepas untuk media massa atau penerbit. Untuk ini, kamu wajib mencari banyak peluang dan terus mengembangkan diri dengan membaca dan terus rutin menulis sampai menemukan gaya dan ciri khasmu sendiri.

5. Coding



unsplash.com

Salah satu keahlian yang banyak dicari saat ini adalah coding. Tak sembarang orang mau dan tertarik melakukannya. Butuh ketelatenan dan ketelitian ekstra. Kamu bisa mengambil kursus sebelum terjun ke dunia profesional.

Setelah itu, jangan lupa untuk tetap menerapkan etika bisnis yang penting seperti disiplin, berusaha serealistis mungkin untuk menentukan durasi pengerjaan hingga terbuka dengan masukan-masukan baru.

6. Fotografi dan videografi



unsplash.com

Begitu pula dengan hobi yang satu ini. Berkenaan dengan pembuatan konten di media sosial, para ahli dan antusias di bidang videografi dan fotografi pasti dicari. Jika kamu sudah punya minat, kamu butuh kemauan untuk belajar dan dorongan untuk memproduksi konten sendiri sebelum dapat tawaran kerja dari pihak lain. Kalau sudah mulai dapat beberapa proyek, jangan sampai mengecewakan pelanggan, ya.

7. Berkebun dan beternak



unsplash.com

Hobi lain yang bisa menghasilkan adalah berkebun dan beternak. Selain untuk dikonsumsi atau dinikmati sendiri, kamu yang sudah pandai mengembangbiakan tanaman atau bahkan hewan bisa mencoba menawarkan hasilmu ke pasar. Jangan remehkan hasilnya, jika memang tanaman atau hewan ternakmu berkualitas baik, banyak kok yang bakal mengantre.

8. Memasak



unsplash.com

Hobi yang satu ini juga bisa dikembangkan jadi bisnis yang menjanjikan. Unik, enak, dan harganya masuk akal adalah kunci suksesnya sebuah bisnis kuliner. Kamu juga wajib mengatur strategi dengan baik sebab persaingannya cukup kompetitif. Ia juga sangat rentan, jadi higienitas dan kualitas bahan jangan sampai disepelekan.

Meski terdengar menjanjikan, nggak sedikit orang yang berhenti di tengah jalan. Itu karena banyak yang menginginkan hasil instan, tetapi melupakan proses trial dan error yang harus dilewati sebelum jadi seorang yang profesional di bidangnya.


IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia