FSP Hydro G Pro 750W, PSU premium harga terjangkau

Memiliki harga di bawah Rp2 juta, FSP Hydro G Pro 750W menawarkan sebuah PSU premium dengan sertifikat 80+ Gold dan fully modular.

PSU merupakan salah satu komponen yang paling vital yang ada di dalam sebuah komputer. Hal ini dikarenakan PSU akan memompa daya ke semua komponen yang ada di sebuah komputer.

Hal ini membuat pemilihan PSU merupakan sebuah hal yang krusial. Dan saat ini tak jarang seorang gamer lebih memilih untuk mencari sebuah PSU premium untuk memastikan komputer mereka dapat berjalan tanpa masalah.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas sebuah PSU Hydro G Pro, salah satu seri PSU premium yang ditawarkan oleh FSP. Meski premium, harga yang ditawarkan untuk PSU ini cukup terjangkau, yakni di bawah Rp2 juta saja.

Desain

Hal pertama yang akan kami bahas adalah desainnya. FSP menggunakan warna matte black dengan tekstur kasar di bagian luar dari PSU ini. Hal ini membuat PSU tersebut terkesan premium dan cocok di gunakan di berbagai macam casing.

Di sisi kanan dan kiri hanya menampilkan tulisan Hydro G Pro dengan perpaduan warna putih dan biru.Sedangkan di bagian bawah terdapat tulisan informasi mengenai PSU yang mungkin berguna bagi beberapa orang.

Sedangkan di bagian atas, kalian akan melihat sebuah kipas 12cm yang cukup besar. Kipas ini berguna untuk mendinginkan komponen yang ada di dalam PSU tersebut.

Di bagian depan kita dapat melihat ventilasi untuk keluar angin. Di bagian belakang juga terdapat beberapa switch, termasuk tombol on/off serta tombol ECO dimana mengontrol kipas untuk tetap aktif atau tidak.

Sedangkan di bagian belakang, terdapat port untuk menyambungkan kabel-kabel dari PSU ke motherboard dan komponen lain. Dan seperti yang dapat kalian lihat, PSU ini merupakan PSU dengan tipe fully modular.

Kabel yang datang dalam paket penjualan pun terhitung cukup banyak. Selain itu, FSP masih menggunakan kabel model pipih dengan finishing glossy yang membuatnya terkesan premium. Panjang kabelnya pun cukup baik sehingga dapat menjangkau semua bagian meski pengguna menggunakan casing bertipe full tower.

Untuk model yang kami ulas kali ini adalah model dengan daya 750W. PSU ini juga sudah mendapatkan sertifikasi 80+ Gold yang berarti PSU ini akan memberikan efisiensi daya yang sangat tinggi.

Dalam pengujian kali ini, kami akan menggunakan komputer testbed dengan konfigurasi prosesor AMD Ryzen 9 5900X, Motherboard Z570, RAM DDR4 @3200 MHz, GPU NVIDIA RTX 3080, AIO Cooler, serta SSD NVMe.

Kami pun menyiksa PSU ini dengan melakukan overclock CPU kami ke 4,6GHz, melakukan overclock GPU, serta melakukan overclock RAM ke 4000Mhz dengan voltase 1,4v. Dan ternyata, PSU ini dapat menghandle konfigurasi ini tanpa ada masalah meski dalam keadaan kipas kami matikan.

Sedangkan saat berbicara mengenai suhu, saat kami menggunakan full load tanpa menggunakan kipas, suhunya pun cukup baik, yakni ada di angka 47 derajat Celcius. Sedangkan saat kipas kami nyalakan, suhunya berada di angka 40 derajat Celcius.

Tapi sejujurnya, saat kipas PSU ini dalam keadaan hidup, suara yang dihasilkan cukup terdengar. Meski tidak sekeras kipas casing dalam kecepatan 100%, namun jika kalian meletakkan komputer di atas meja dan dekat dengan kuping kalian, maka kalian akan sadar dengan suara kipas PSU ini.

Kesimpulan : PSU 750W 80+ Gold oke dengan harga terjangkau

FSP sendiri menawarkan Hydro G Pro 750W dengan harga yang cukup terjangkau dikelasnya, yakni hanya Rp1,8 juta-an saja. Di harga ini, pengguna akan mendapatkan sebuah PSU fully modular dengan rating 80+ Gold.

Hal ini membuat Hydro G Pro 750W merupakan salah satu PSU premium dengan harga dan pilihan yang cukup baik.

  • Terjangkau
  • Build premium
  • Fully Modular

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia