Tips Memilih Pakaian yang Nyaman di Musim Panas

pinterest.com

Dalam memilih pakaian tentu style yang trendi bukanlah satu-satunya pertimbangan. Agar kamu tetap nyaman dalam beraktivitas tentu pakaian yang kamu pilih juga harus nyaman. Salah satu hal yang menentukan kenyamanan ialah kesesuaian pakaian dengan cuaca. Itulah kenapa pakaian di musim panas dan dingin memiliki perbedaan.

Nah, kali ini kita fokus ngomongin soal pakaian yang nyaman untuk musim panas dulu ya. Berikut ini adalah do’s and don’ts yang bisa kamu perhatikan dan terapkan ya.

1. Warna pakaian yang sebaiknya dihindari ketika musim panas



pinterest.com

Warna pakaian sangat memengaruhi kenyamananmu dalam mengenakan pakaian. Kamu mungkin sudah tahu kalo di musim panas, warna hitam sebaiknya dihindari dulu. Pakaian hitam dapat menyerap panas yang akhirnya bisa membuatmu lebih banyak berkeringat dan merasa lebih kepanasan apalagi jika berkegiatan di luar ruangan.

Selain hitam, abu-abu juga sebaiknya tidak dikenakan. Sebenarnya warna ini nggak menyerap panas tetapi ketika kamu berkeringat, warna ini langsung bisa memperlihatkan keringatmu sehingga membentuk noda. Hindari juga penggunaan warna hijau, coklat, dan ungu yang lebih cocok untuk musim dingin atau musim gugur.

2. Warna pakaian yang cocok untuk musim panas



pinterest.com

Ada warna yang sebaiknya dihindari dan ada warna yang sebaiknya dipakai. Pertama, warna putih. Keringat tidak akan terlihat jelas ketika mengenakan pakaian putih. Selain itu, warna putih juga akan menghindarkan kamu dari kepanasan. Yang tak kalah penting, putih selalu memberi kesan fresh ketika dikenakan di musim panas.

Apa ada opsi lain selain putih? Tentu ada. Warna-warna pastel dapat dijadikan alternatif bagi kamu yang kurang percaya diri saat berpakaian serba putih. Selain mencegah kepanasan, warna pastel yang pas juga bisa membuat kulitmu tampak lebih cerah. Sesekali kamu juga dapat mengenakan floral prints agar atmosfer musim panas terasa lebih meriah.

Eits, rekomendasi warna yang cocok untuk musim panas masih ada lagi lho. Pakailah warna biru yang memiliki kesan unik. Biru ini nggak terbatas pada biru muda atau tua ya. Namun, Skin Cancer Foundation menyarankan penggunaan denim. Katanya, denim bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari lho.

3. Jenis bahan pakaian yang cocok untuk musim panas



pinterest.com

Setelah tahu tentang warna-warna yang cocok dengan cuaca, sekarang saatnya memperhatikan bahan pakaianmu. Sebaiknya kenakan pakaian yang ringan, tidak terlalu tebal, dan memiliki siluet atau potongan longgar. Pakaian yang longar akan membuat kulitmu bernafas dengan lega dan ada udara yang masuk sehingga kamu tidak cepat merasa gerah. Sedangkan bahan pakaian yang nyaman untuk musim panas antara lain katun, linen, eucalyptus, dan bambu. Hindari mengenakan pakaian ketat berbagan spandex, poliester, atau bahan lain yang non-breathable ya.

4. Jenis topi yang cocok untuk melindungimu di musim panas



pinterest.com

Tak hanya mengandalkan produk yang menandung SPF, kamu bisa melakukan proteksi ekstra untuk kulit dengan topi yang modis. Yang disarankan ialah topi dengan tepian lebar. Aksesoris yang satu ini tak hanya menjadi pelindung bagian wajah dan leher tetapi juga menunjang penampilan agar tampak lebih stylish.

Nah, kalau kamu masih belum percaya akan perbedaan signifikan antara warna putih dan hitam, ada tes untuk membuktikannya. Letakkan es batu pada pakaian berwarna hitam atau gelap dan letakkan es batu lain di pakaian berwarna cerah di bawah sinar matahari. Lihatlah es batu mana yang akan lebih cepat meleleh. Es batu pada pakaian hitam akan lebih cepat meleleh.

Tahukah kamu, secara psikologis pakaian warna putih juga sering diasosiakan dengan kebersihan dan kesejukan. Karena itulah, kamu jauh merasa nyaman ketika memakai pakaian putih di musim panas.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia