7 Ide Platter Sehat untuk yang Ingin Kurangi Konsumsi Processed Food

unsplash.com

Sebagai orang Indonesia, kita sudah terbiasa makan makanan olahan, seperti rendang, sup sayuran, bakwan, dan lain sebagainya. Bahkan beberapa makanan olahan siap saji pun ditawarkan dan laris manis.

Namun, sadarkah kamu kalau makanan yang paling baik adalah panganan yang belum melewati banyak proses alias masih utuh. Bumbu dan perasa tambahan seperti natrium dan gula pun harusnya wajib kita batasi.

Untuk itu, coba deh menu platter yang sehat dan minim processed food. Simak beberapa idenya di bawah.

1. Roti, jagung, dan tomat cherry



www.instagram.com

Kamu bisa membuat platter sederhana hanya bermodalkan jagung manis rebus dan tomat cherry. Tambahkan kacang-kacangan rebus dan beri sedikit bumbu berupa garam dan merica secukupnya sebagai penyedap.

Rotinya pun alangkah lebih baik bikin sendiri untuk mengurangi pengawet dan gula. Roti keras seperti ini hanya berbahan dasar tepung terigu, boleh tambah sedikit tepung gandum utuh, air matang, ragi, dan sedikit garam saja, kok.

2. Buah-buahan dan cracker renyah



www.instagram.com

Platter lainnya bisa kamu buat pula dari ragam buah-buahan segar dan cracker keju misalnya. Jika ingin cracker siap santap, jangan lupa cek kemasannya dan pastikan kandungan natrium dan gulanya tidak berlebih. Tambahkan kismis, sehat dan enak.

3. Cracker dan kacang-kacangan



www.instagram.com

Selain buah-buahan segar, kamu bisa mengganti isi platter dengan kacang-kacangan garing seperti mede, almond, macadamia, dan lain sebagainya. Ini camilan sehat yang nggak bikin perut begah dan makin lapar.

4. Kentang rebus, telur, dan kacang kedelai



www.instagram.com

Tak harus mentah semua, kamu boleh kok memasak makananmu dengan cara-cara sederhana saja. Misal kentang dan kacang kedelai rebus yang dipade dengan telur mata sapi yang dimasak dengan sedikit minyak. Potongan sayuran hijau dan perasan jeruk lemon bisa ditambahkan pula untuk berikan kesegaran ekstra.

5. Telur orak-arik, tumis jamur, roti, dan sayuran segar



www.instagram.com

Begitu juga dengan platter di atas. Kamu bisa memadukan sayuran segar seperti selada dan tomat dalam satu piring besar bersama telur orak-arik, jamur yang di-saute atau ditumis dengan minyak zaitun. Untuk karbohidratnya, roti tawar gandum boleh disertakan.

6. Platter tinggi protein



www.instagram.com

Untuk pemakan daging dan ikan, kamu boleh lho menyertakan daging atau ikan yang sudah matang sempurna lewat proses pengukusan atau dipanggang. Sayurannya bisa berupa kacang edamame rebus serta tomat yang dipanggang atau ditumis dengan minyak zaitun.

7. Cheese platter idola



www.instagram.com

Untuk bikin cheese platter, kamu bisa mencomot beberapa jenis keju favoritmu, bisa cheddar, mozzarella, parmesan, atau edame. Lalu, padu bersama buah, sayur, daging, atau cracker dan selai buah. Cocok buat penggemar keju yang ingin makan sehat.

Makanan sehat nggak perlu melalui proses yang rumit. Seperti platter di atas yang sangat mudah dibuat. Alokasikan dana saja untuk beli bahan-bahan berkualitas dan segar.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia