Kini WhatsApp dukung backup lintas platform

Dengan hadirnya fitur baru ini, para pengguna yang tadinya menggunakan Android kemudian memilih untuk beralih ke iOS atau sebaliknya, masih akan dapat memiliki data percakapan mereka.

WhatsApp baru saja mengumumkan salah satu fitur terbesar yang telah ditunggu-tunggu banyak orang semenjak aplikasi ini menjadi populer. Fitur tersebut adalah fitur transfer data dari satu platform ke platform lainnya.

Seperti diketahui, selama ini para pengguna baru hanya dapat melakukan transfer data backup percakapan mereka di satu platform saja. Para pengguna Android hanya dapat melakukan restorasi data di perangkat Android, begitu juga untuk para pengguna iOS.

Namun, dengan hadirnya fitur baru ini, para pengguna yang tadinya menggunakan Android kemudian memilih untuk beralih ke iOS atau sebaliknya, masih akan dapat memiliki data percakapan mereka.

Fitur ini diumumkan pada acara Galaxy Unpacked beberapa waktu lalu. Jika kalian penasaran mengapa WhatsApp memilih acara tersebut untuk mengumumkan hal tersebut, hal ini dikarenakan untuk menggunakan fitur ini pengguna minimal harus menggunakan OS Android 10 atau lebih baru, seperti dilansir dari Wccftech (12/8).

Meski demikian, pihak WhatsApp mengatakan bahwa fitur ini juga akan tersedia untuk OS Android yang lebih lawas, selama OS tersebut masih didukung oleh mereka. Namun, belum diketahui kapan mereka akan menggulirkan fitur ini untuk OS selain Android 10.

Bagi kalian yang bertanya apakah transfer data ini hanya berlaku untuk backup percakapan saja? jawabannya tidak. Sebab, kalian juga dapat mentransfer foto dan catatan suara, sedangkan video masih dipertimbangkan.

Bagi kalian yang tidak sabar untuk menggunakan fitur ini, kalian harus bersabar. Karena fitur ini baru akan dapat digunakan beberapa pekan kedepan.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia