Telkomsel IoT hadirkan IoT Envion untuk korporasi

Telkomsel IoT hadirkan solusi end-to-end berbasis AI untuk pemantauan manajemen energi sebuah korporasi.

Telkomsel IoT baru saja meresmikan IoT Envion, sebuah solusi untuk optimisasi penggunaan dan pemantauan manajemen energi di segmen korporasi. Dengan memanfaatkan teknologi IoT, solusi ini hadir sebagai jawaban atas transformasi digital yang kini sedang berkembang pesat di Indonesia, dan membantu menguatkan negara dalam ekosistem industri 4.0.

“Telkomsel ingin lebih banyak lagi perusahaan di Indonesia dapat mengadopsi transformasi digital sebagai unggulan industri proporsi. Berdasarkan pada kebutuhan transformasi digital ini, di sektor korporasi dengan bangga kami menghadirkan Telkomsel IoT Envion, energy visibility solution sebagai sebuah solusi IoT terbaru yang mampu mengoptimisasi penggunaan dan pemantauan manajemen energi di segmen korporasi,” kata Direktur Utama Telkomsel Hendri dalam sambutannya di peluncuran IoT Envion secara virtual (12/8).

IoT Envion adalah end-to-end IoT solution berbasis Artificial Intelligence yang dapat memantau penggunaan energi secara real-time. Solusi ini dimaksudkan agar biaya operasional bisnis dari segi power system dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Langkah mitigasi bisa diambil lebih cepat, sehingga perusahaan dapat menghindari biaya tambahan yang tidak diinginkan.

VP Internet of Things Telkomsel Alfian Manullang menjelaskan, IoT Envion memonitor selama 24/7 tanpa henti. Perusahaan juga dapat mengetahui berapa lama mesin daya atau produksi sudah berjalan untuk kebutuhan maintenance, serta sumber tagihan terbesar yang dikonsumsi. Agar memudahkan proses monitoring, perusahaan sebagai kustomer juga dibekali monitoring dashboard yang full visibility.

Berbasis AI, Iot Envion dapat memberikan peringatan gangguan yang mungkin akan terjadi. Sehingga, masalah karena gangguan daya seperti mesin produksi yang terhenti, dapat dihindari dengan baik.

“Dengan AI analytics ini kita bisa memberikan analisa dan rekomendasi dalam mengidentifikasi konsumsi energi, sehingga kita bisa tahu pengeluaran kita. Apakah on target atau lebih dari itu,” jelas Alfian.

Direktur Utama Telkom Infra Bastian Sembiring, sebagai salah satu perusahaan jasa yang sudah menggunakan IoT Envion mengatakan, solusi tersebut dapat mengurangi biaya para pekerja yang seharusnya datang satu per satu ke banyak lokasi. Apalagi dengan kondisi pandemi ini, proses pemantauan jadi bisa dilakukan secara remote, sehingga memberikan efisiensi waktu dan biaya.

“Begitu kami mengenal ada IoT Envion, kami mulai berpikir bagaimana kami bisa menurunkan biaya yang besar ini dan itu terbukti. Dengan IoT ini kita bisa memindahkan semua pekerjaan manusia, yang harus datang ke sites, yang harus datang ke lokasi di banyak tempat, itu kita bisa pindahkan ke IoT dan IoT lah yang bekerja. Sehingga pada akhirnya, biaya-biaya yang kita harus keluarkan, itu menjadi menuju zero (0), hampir tidak ada,” ujar Bastian.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia