6 Nasihat yang Wajib Dibaca Sebelum Memulai Kencan Daring

unsplash.com

Perkembangan teknologi memungkinkan kita melakukan banyak hal yang sebelumnya mustahil. Salah satunya mencari jodoh tanpa harus keluar rumah. Dengan aplikasi kencan daring yang bertebaran di internet, banyak orang mulai melirik metode mencari jodoh yang praktis ini.

Namun, apakah sepraktis yang dibayangkan? Mencari jodoh tetap bukan hal yang mudah dan sederhana. Apalagi dengan cara PDKT jarak jauh hanya lewat layar ponsel.

Untuk kamu yang sedang mencoba kencan daring, jangan lupakan beberapa hal berikut agar tak terbutakan oleh kemudahan dan kecepatan prosesnya.

1. Jangan mudah jatuh cinta



unsplash.com

Seberapa indahnya dan nyamannya sebuah percakapan, jangan menganggap kamu jatuh cinta. Bisa saja kamu baru pada tahap tertarik dan suka. Dalami lebih jauh sosok yang sedang kamu incar ini. Lakukan beberapa tes jika memungkinkan untuk tahu sifat asli mereka. Jangan hanya bertumpu pada ucapannya, lihat perbuatan si dia juga, terutama bagaimana ia memperlakukan orang lain selain kamu.

2. Jangan mengorbankan apapun



unsplash.com

Kamu baru mengenal si dia dari aplikasi kencan daring, tetapi sudah banyak hal yang kamu korbankan untuknya. Lebih buruk lagi kalau si dia yang meminta padamu. Di proses ini kamu baru berusaha mengenal sosoknya lebih dalam, bukan mengorbankan apa yang kamu punya apalagi dalam hal prinsip dan nilai. Untuk itu, penting sebelum punya hubungan kamu sudah punya prinsip dan nilai teguh yang menurutmu tidak bisa dikompromikan.

3. Pastikan dia menghormati dan mendukungmu



unsplash.com

Salah satu aspek penting dalam hubungan adalah saling menghargai. Kamu nggak akan mau menjalin hubungan dengan orang yang meremehkan atau menganggap dirinya lebih baik darimu. Pastikan sosok yang sedang kamu perjuangkan lewat kencan daring punya rasa hormat padamu. Misalnya dengan menghargai prinsip dan nilai yang kamu pegang teguh tadi, mendukung apa yang sedang kamu kerjakan, tidak memaksakan kehendak, dan tidak terus-terusan membicarakan tentang dirinya sendiri.

4. Ikuti kata hati atau intuisimu



unsplash.com

Kadang hati kecilmu memberikan banyak petunjuk. Jika kamu sudah melihat beberapa bendera merah tentang si dia, jangan ragu untuk memastikannya. Bisa dengan melakukan tes atau langsung saja tanya padanya. Jangan ragu untuk mengikuti isi hati, dan bila perlu menolak ajakannya.

5. Jangan mengubah dirimu untuk si dia



unsplash.com

Mirip dengan prinsip dan nilai tadi, kamu tidak seharusnya berubah demi orang lain. Apalagi orang yang baru kamu kenal di aplikasi kencan daring. Jangan sampai kamu jadi orang lain hanya untuk membuatnya terkesima. Apalagi sampai mengorbankan mimpi dan independensimu hanya untuk orang lain.

6. Jika mengalami penolakan nggak perlu berkecil hati



unsplash.com

Selain menemukan orang-orang yang bisa jadi jodoh potensial, dalam kencan daring kamu mungkin akan mengalami penolakan. Si dia bisa saja tidak membalas pesanmu atau bahkan mengabaikanmu setelah beberapa kali ngobrol. Lagi-lagi, jangan paksakan perasaanmu padanya. Mereka bukan untukmu dan bersyukurlah karena kamu seakan diberi tanda sedini mungkin.

Tentu masih banyak petuah-petuah berguna lain tentang kencan daring. Namun, itu setidaknya hal-hal esensial yang jangan sampai kamu lupakan saat menemukan seseorang yang menarik perhatianmu. Tetap logis dan realistis, deh.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia