8 Tanda Kamu Sudah Bertumbuh Lebih Bijak dari Kemarin

unsplash.com

Menjadi dewasa bukan hanya perkara biologis, tetapi juga psikologis. Kamu mungkin nggak menyadari perubahan karakter tersebut karena tak tampak dari luar. Hanya kamu yang bisa menilainya.

Coba refleksi diri dulu dengan mengenal delapan tanda kamu sudah atau sedang melewati masa maturing berikut ini.

1. Kebahagiaan datang dari dirimu sendiri



unsplash.com

Di usia lebih muda, kamu masih menganggap kalau sumber kebahagiaanmu adalah teman atau keluarga. Kamu bahkan punya ambisi atau keinginan untuk membuat mereka senang dan bangga. Sampai kamu tahu bahwa ekspektasi mereka mungkin beda dengan apa yang menurutmu sudah baik. Seiring waktu kamu sadar bahwa kebahagiaan tak datang dari orang lain. Kamu sudah bisa menciptakan arti bahagiamu sendiri.

2. Kamu nggak lagi memaksakan kehendak



unsplash.com

Kamu juga bertumbuh ketika tak lagi memaksakan kehendak pada orang lain. Kamu sadar bahwa orang lain punya hak untuk bilang tidak atau menolak ajakanmu. Kamu pun tak lagi marah atau kesal pada orang lain yang tak bersedia atau tidak bisa meluangkan waktu untukmu. Kamu menganggapnya sebagai hal biasa yang tak perlu dipermasalahkan.

3. Kamu menghargai pendapat orang lain dan perbedaan



unsplash.com

Jika dulu kamu masih suka menang sendiri dan kini lebih sabar dan menghargai perbedaan artinya kamu sudah jadi pribadi yang lebih dewasa. Perbedaan pendapat bukan lagi hal yang membuatmu kesal dan terpicu untuk marah. Kamu menanggapi pendapat orang lain dengan lebih tenang dan santai.

4. Kamu tak lagi jadi people pleaser



unsplash.com

Sering disalahartikan sebagai egois, padahal seyogyanya kamu sedang berubah jadi orang yang lebih logis. Kamu tak lagi mau jadi people pleaser yang berusaha membuat semua orang senang. Kamu juga perlu memikirkan dirimu sendiri kadang-kadang. Kamu tahu batas-batas mana yang bisa kamu lakukan dan tidak.

5. Kamu lebih mudah memaafkan



unsplash.com

Kamu juga jadi pribadi yang lebih pemaaf. Hal-hal yang dulu mengganggumu kini tak lagi jadi masalah berarti. Kamu tahu banyak hal lebih penting yang harus dipikirkan dan diurus ketimbang membuang energi untuk marah dan menyimpan dendam. Menjadi pemaaf membuat hidupmu jauh lebih tentram.

6. Kamu mendengarkan lebih banyak ketimbang bicara



unsplash.com

Tumbuh dewasa juga terlihat dari tendensimu yang lebih sering mendengar ketimbang berbicara. Mendengar adalah tanda bahwa kamu ingin lebih banyak belajar ketimbang menggurui. Kamu sadar bahwa banyak hal yang belum kamu tahu dan kuasai, sehingga membuatmu lebih rendah hati dan bijak.

7. Kamu tahu mana yang layak diperjuangkan dan tidak



unsplash.com

Kamu juga sudah bisa membuat batas-batas antara apa yang layak jadi prioritas dan tidak. Kamu sadar tidak semua hal bisa kamu raih dalam hidup ini. Ada hal-hal yang terpaksa atau tidak harus kamu korbankan dan abaikan untuk hal-hal yang lebih penting dan realistis. Sebagai contoh, kelemahanmu bukan lagi musuh bagimu, tetapi hal yang kamu terima dan berusaha imbangi dengan kelebihan yang kamu punya.

8. Orang yang mengeluh dan memikirkan hal remeh bukan lagi jadi temanmu



unsplash.com

Kamu tak lagi tertarik berkawan dengan orang-orang yang hobi mengeluh dan mempermasalahkan hal remeh. Kamu lebih fokus ke solusi yang realistis. Bukan masalah kok menjauhi orang-orang yang negatif. Kamu punya hak menentukan siapa yang ada di lingkaranmu. Kamu pun bisa menjauh dengan lembut tanpa konflik.

Jika kamu sudah memiliki beberapa tanda di atas, berarti kamu sudah jadi sosok yang lebih bijak dari kemarin. Selamat dan tetap bertumbuh jadi lebih baik, ya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia