Cara unduh sertifikat vaksin Covid-19 di PeduliLindungi

Untuk memiliki sertifikat vaksin Covid-19, Anda bisa mengunduhnya lewat situs PeduliLindungi.id, begini caranya.

Selain sedang digalakkan oleh pemerintah, vaksinasi Covid-19 kini juga menjadi acuan bagi mobilitas masyarakat. Contohnya, beberapa pusat perbelanjaan di ibu kota yang mengharuskan pengunjungnya sudah divaksin agar bisa masuk ke tempat umum tersebut. Beberapa mungkin akan meminta sertifikat vaksinasi kita sebagai bukti.

Ada dua jenis bukti vaksin apabila kita sudah melakukannya, yaitu kartu vaksin dan sertifikat vaksin. Kartu vaksin biasanya diberikan oleh penyelenggara, langsung ditempat vaksinasi. Namun, sertifikat vaksin tidak dibagikan di tempat. Anda dapat memiliki sertifikat ini dengan mengunduhnya melalui situs PeduliLindungi.id.

Cara mengunduhnya pun mudah, hanya tinggal memasukkan Nomor Induk Kependudukan, dan informasi lengkap saat vaksin. Ikuti langkah di bawah ini untuk cara yang lebih jelas.

1. Buka situs PeduliLingdungi.id

2. Di bagian atas halaman, terdapat tulisan “Sudah melakukan vaksinasi COVID-19? Cek sertifikat Anda di sini” klik tautan tersebut

3. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi email atau nomor telepon untuk masuk ke akun PeduliLindungi. Jika belum punya akun, Anda harus membuatnya lebih dulu

4. Setelah itu, isi form seperti di bawah ini

5. Jika isian sudah benar, klik Periksa dan sertifikat akan muncul di layar Anda

Bagi yang mengakses melalui PC, klik kanan dan pilih simpan gambar. Sementara jika melalui smartphone, tekan lama pada gambar, lalu pilih download. Sekarang, sertifikat vaksin sudah tersimpan di galeri ponsel atau PC Anda.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia