Populer Banget di Indonesia, 10 Makanan Ini Teryata Warisan Budaya Tionghoa, Lho!

www.yukepo.com

Sudah sejak lama masyarakat Cina masuk dan membaut dengan masyarakat kita. Persahabatan itu bermula karena hubungan perdadangan antarkedua negara. Semakin lama banyak penduduk cina yang tinggal di Indonesia. Beragam budayanya pun banyak yang berkembang di tanah air termasuk kulinernya. Bahkan banyak makanan yang sering dikira asli Indonesia justru merupakan percampuran budaya Tionghoa. Berikut makanan warisan Tionghoa yang justru populer di Indonesia!

1. Bakso



www.instagram.com

Bakso ternyata berasal dari Fuzhou, Cina tepatnya ditemukan pada akhir Dinasti Ming atau sekitar awal abad ke-17. Bak berarti babi sementara so berarti sup sehingga bakso beraryi sup yang berisi daging babi. Namun, karena mayoritas penduduk Indonesia muslim, akhirnya daging babi diganti menjadi daging sapi.



2. Mi ayam



www.instagram.com

Mia ayam sebenarnya merupakan turunan bakmi yang berasal dari Cina. Bakmi terbuat dari tepung kemudian disajikan dengan kuah, bumbu, sayuran, dan potongan daging babi. Namun, seiring banyaknya penduduk Cina yang dahulu hijrah ke Indonesia mi ayam bertransformasi sesuai dengan selera lidah lokal. Daging babi sudah tidak lagi dipergunakan kemudian diganti dengan daging ayam.

3. Batagor



www.instagram.com

Percaya atau tidak? Jajanan hits yang satu ini ternyata mendapat sentuhan budaya tionghoa. Tahu goreng bertepung asal Cina diadaptasi oleh masyarakat sunda menjadi batagor. Umunnya, batagor terbuat dari tahu yang diisi adonan tepung tapioka dan gilingan ikan tengiri. Menyesuaikan cita rasa lokal, batagor dibumbui dengan sambal kacang, kecap, dan sambal.

4. Siomai



www.instagram.com

Siomai sebenarnya adalah salah sati item makanan yang dihidangkan dalam dim sum Cina. Awalnya siomai berisi cincangan daging babi yang dibalut dengan kulit pangsit kemudian disajikan dalam kukusan bambu. Siomai di Indonesia akhirnya bertransformasi. Daging babi pun diganti daging ikan tengiri, udang, atau ayam. Ditambah pula dengan potongan pare, kubis, kentang, tahu, dan telur rebus. Semakin sempurna dengan siraman bumbu kacang yang pedas, manis, dan gurih.

5. Bakpia



www.tuguwisata.com

Siapa sangka camilan khas kota Yogyakarta ini ternyata berasal dari negeri Cina. Di sana, bakpia disebut dengan Tou Luk Pia, yang artinya kue pia kacang hijau. Hingga saat ini, varian bakpia yang paling terkenal adalah yang berasal dari Pathuk, Yogyakarta. Kini, bakpia pun sudah tidak hanya berisi kacang hijau tetapi ada juga yang berisi coklat, keju, durian, dan kumbu.

6. Ronde



www.instagram.com

Wedang hangat dengan kuah jahe ini hampir bisa ditemui di sudut kota Yogyakarta terutama saat petang. Namun, sebenarnya asal mula wedang ronde justru dari makanan Cina yang disebut Tangyuan. Makanan ini terbuat dari adonan tepung ketan yang bisa diisi kemudian dibentuk bulay kemudian direbus. Tangyaun kemudian dihidangkan dengan kuah manis. Diadaptasi oleh masyarakat kita, Tangyuan pun disajikan dalam kuah jahe ditambah roti, kolang-kaling, dan kacang tanah. Tangyuan kuah jahe itu pun akhirnya dikenal dengan Ronde.

7. Kwetiau



www.instagram.com

Kwetiau merupakan hidangan dari Tiongkok yang berupa mi pipih berwarna putih yang terbuat dari tepung beras. Di sana, Kwetiau disebut sebagai makanan pekerja yang terkenal dengan nama char kway teow. Mi putih itu dijual oleh para petani atau nelayan yang nyambi berdagang makanan pada malam hari. Pembelinya pun rata-rata pekerja dan buruh. Masuk ke Indonesia, kwetiau pun beradaptasi. Ada kwetiau goreng dan kwetiau kuah yang sama-sama lezat dengan suwiran ayam, telut, dan sayuran.

8. Bakmi



www.instagram.com

Sama seperti kwetiau, bakmi juga merupakan makanan warisan budaya Tionghoa. Bakmi masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang. Bakmi umunya terbuat dati tepung terigu yang disajikan dengan direbus atau ditumis. Bakmi kemudian beradaptasi dengan bumbu-bumbu khas Indonesia. Kemudian makanan ini pun laris-manis dijajakan di kota-kota di Indonesia dengan rasa yang lebih khas seperti bakmi jawa dan bakmi nyemek.

9. Capcay



www.royco.co.id

Kata capcay menurut dialek Hokkian berarti aneka sayuran tetapi secara harfiah capcai berarti ‘sepuluh macam sayuran’. Namun, dalam praktiknya jenis sayur capcai tidak sebanyak itu. Di Indonesia capcay ditambah irisan tepung goreng yang dicampur telur. Bumbunya pun semakin beragam menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Biasanya disajikan berkual atau capcai goreng.

10. Bakpao



duniamuslimahkreatif.blogspot.com

Bakpao metupakan makanan tradisional Tionghoa yang berarti bungkusan daging. Umumnya, bakpao berupa adonan yang diisi daging babi. Kemudian isian bakpao berkembang menjadi lebih bervariasi. Mulai dari daging ayam, coklat, kacang tanah, keju, hingga kumbu atau kacang hitam.

Meski warisan budaya Tionghoa, masyarakat kita juga kreatif banget mengembangkan makanan tersebut jadi lebih variatif dan kaya rasa. Kita pun tidak menyontek secara utuh tetapi juga mengimbanginya dengan inovasi. Jadi semakin lezat, kan?


IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia