Rekomendasi 5 film klasik tentang telekinesis

Telekinesis sering dijadikan objek utama dalam film-film populer tahun 1970-an hingga 90-an dengan pembawaan cerita yang unik.

Telekinesis atau disebut juga psikokinesis adalah kemampuan psikis yang banyak digambarkan di layar lebar. Kekuatan memindahkan objek dengan pikiran ini sering menjadi pelengkap untuk memajukan inti plot dari film atau serial abad 21 hingga kini. Star Wars dan serial hit Stranger Things adalah contohnya.

Sementara banyak film di tahun 70-an hingga 90-an yang menjadikan telekinesis sebagai subjek utama film. Film-film tersebut menjadi pionir dari film telekinesis karena menyoroti kemampuan dengan cara yang unik. Nah, penasaran film apa sajakah itu? Berikut telah Tek.id rangkum daftarnya.

Disutradarai, diproduksi, dan dinarasikan oleh Danny DeVito, Matilda adalah film klasik 90-an yang mengisahkan seorang bocah dengan kekuatan telekinesis, Matilda Wormwood (Mara Wilson). Matilda menggunakan kekuatannya untuk berurusan dengan orangtuanya yang lalai dan kepala sekolah yang kejam. Dengan lucu, bocah perempuan ini mengerjai mereka, para orang dewasa yang berlaku tidak baik kepadanya.

  • The Initiation Of Sarah (1978)

The Initiation Of Sarah adalah hidden gem di antara beberapa film horor yang dibuat pada tahun 70-an. Disutradarai oleh Robert Day, film ini menceritakan kisah telekinesis Sarah Goodwin (Kay Lenz) dan saudara perempuannya, Patty (Morgan Brittany). Keduanya melewati proses yang mengerikan untuk bergabung dengan perkumpulan mahasiswi.

Meskipun agak cheesy, tapi film ini tetap menyenangkan bagi penonton yang menginginkan drama dan pertarungan mahasiswi menggunakan kemampuan telekinesis. Bagi Sahabat Tek yang ingin menonton, siap-siap untuk plot twist dan akhir dramatis yang ditawarkan film ini.

The Power (1968)

Diadaptasi dari novel tahun 1965 dengan judul yang sama, The Power adalah film terakhir dari sutradara Byron Haskin. Film ini mengisahkan sekelompok ilmuwan yang mencari tahu siapa di antara mereka yang memiliki kekuatan telepati dan telekinesis. Meskipun film ini merupakan perpaduan sci-fi dan horor, namun fokus utamanya adalah upaya protagonis dalam menutupi kekuatan telekinesisnya.

Scanners (1981)

Scanners disutradarai oleh David Cronenberg dan ditayangkan pertama kali pada 1981. Film horor sci-fi ini menggambarkan perjuangan antara orang-orang berkemampuan psikis dan ConSec, sebuah perusahaan militer swasta yang ingin menggunakan kekuatan ini untuk keuntungannya sendiri.

Meskipun menerima tinjauan yang beragam setelah rilis awal, Scanners telah dievaluasi ulang selama bertahun-tahun dan saat ini dianggap sebagai salah satu film horor terbaik menurut Criterion Collection.

The Fury

Diadaptasi dari novel tahun 1976 dengan judul yang sama, The Fury menceritakan kisah mantan agen CIA Peter Sandza (Kirk Douglas) yang harus bekerja dengan Gillian Bellaver (Amy Irving) setelah putranya diculik karena kekuatan telekinesisnya. Para penjahat bereksperimen mencari cara untuk menggunakan kekuatan tersebut. Bisa dibilang, ini adalah karya terbaik sutradara Brian De Palma.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia