Sonos diprediksi kembangkan asisten suara sendiri

Ini memungkinkan pengguna pengontrol pemutaran, mencari lagu, dan memindahkan musik ke speaker lain lewat suara.

Kemungkinan Sonos sedang mengembangkan alternatif asisten digital untuk Alexa atau Google Assistant pada speaker mereka. Hal ini diketahui oleh sebuah survei pelanggan yang ditemukan oleh VoiceBot.ai. Survei yang dibagikan pelanggan Sonos di Reddit, menjelaskan bahwa sistem kontrol yang ada di perangkat akan meningkatkan privasi pengguna dengan tidak melakukan pertanyaan dan perintah melalui cloud.

Dalam survei itu, Sonos menulis bahwa “penawaran produk baru yang potensial” akan menggunakan kata aktivasi “Hey Sonos” dan memungkinkan pengguna pengontrol pemutaran, mencari lagu, dan memindahkan musik ke speaker lain lewat suara.

Dilansir dari The Verge (16/8), survei ini mengklaim bahwa asisten suara dapat merespons lebih cepat karena akan memproses semuanya di perangkat, ketimbang mengandalkan koneksi internet dan mengirim pertanyaan ke server.

Ada beberapa alasan untuk percaya bahwa Sonos akan mengerjakan proyek seperti ini. Sonos memperoleh platform suara AI mereka dalam bentuk Snips pada tahun 2019. Teknologi yang berfokus pada dari Snip – terutama melakukan semua pemrosesan pada perangkat – terdengar sangat mirip dengan fitur yang kini dilaporkan Sonos untuk menawarkannya kepada pelanggan. Sonos juga memiliki alasan untuk ingin memberikan solusi suara independen, mungkin alasannya untuk menghindari perselisihan dengan Google, salah satu mitra kontrol suaranya.

Sonos mengklaim Google mencuri beberapa teknologi audio multi-ruangannya selama kemitraan dengan Google Music pada 2013. Perusahaan itu tampaknya memperingatkan Google bahwa itu melanggar paten selama beberapa peluncuran Google Chromecast dan speaker Home, tetapi Google tidak mendengarkan. Sekarang konflik tersebut sedang berlangsung dalam pertempuran hukum yang dimulai Sonos pada tahun 2020.

Belum jelas kapan atau apakah Sonos berencana untuk memperkenalkan sistem kontrol suaranya sendiri, tetapi berdasarkan survei, yang menyoroti kompatibilitas dengan Amazon Alexa dan bukan Google Assistant, sepertinya Sonos ingin Google mengambil lebih minim peran sentral.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia