Samsung Gunakan AI Untuk Buat Prosesor

Dalam sebuah pernyataan terbaru, Samsung dikabarkan menggunakan AI untuk membuat prosesor Exynos terbaru.

Melakukan perancangan prosesor baru memang bukan hal yang mudah. Butuh waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan sebuah prosesor agar dapat berjalan dengan baik tanpa ada masalah.

Oleh karena itu, sekumpulan tim pengembang ahli pun dikumpulkan untuk mengembangkan sebuah prosesor baru. Namun, tampaknya Samsung memilih jalan lain untuk membangun prosesor terbaru mereka.

Samsung mengatakan menggunakan kecerdasan buatan alias AI untuk pengembangan chipset smartphone terbaru.Untuk melakukan hal tersebut, Samsung menggandeng Synopsys.

Mereka menggunakan alat DSO.ai Synopsys guna mempercepat pengembangan semikonduktor yang digabungkan dengan pengalaman Samsung untuk mendesain semikonduktor selama bertahun-tahun.

Sayangnya, Samsung belum mengonfirmasi apakah flagship yang baru saja mereka luncurkan, Galaxy Z Fold 3, menggunakan chipset yang dirancang oleh AI. Tetapi mengingat mereka menggunakan Snapdragon 888, kemungkinan besar jawabannya adalah tidak.

Sementara itu, juru bicara raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut mengatakan bahwa Samsung menggunakan perangkat lunak Synopsys AI untuk merancang chipset Exynos-nya. Namun sayang, tidak dikonfirmasi apakah prosesor Exynos berbasis AI ini telah masuk masa produksi atau tidak.

Tapi, menggunakan kecerdasan buatan untuk merancang sebuah chip itu mahal. Hal ini dikarenakan perusahaan membutuhkan banyak kekuatan komputasi awan untuk melatih algoritma yang kuat, seperti lapor Wccftech (17/8).

Dimasukkannya AI mungkin tidak melatih algoritma untuk memiliki kemampuan naluriah para insinyur chip, tetapi beberapa keterampilan yang diperoleh dari pengalaman bertahun-tahun dapat melatih program sampai batas tertentu.

Selain itu, Synopsys mengklaim bahwa menggunakan AI meningkatkan kinerja chip sebesar 15 persen. Tentu saja, ini merupakan dorongan performa yang diharapkan oleh para pengguna smartphone.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia