5 Perubahan Biologis Saat Kamu Memasuki Usia 25 Tahun

unsplash.com

Usia 25 sering jadi patokan peralihan status seseorang dari anak muda ke manusia dewasa yang sesungguhnya. Banyak hal yang berubah di usia ini. Selain perkara psikologis, hal-hal biologis pun turut terpengaruh.

Beberapa mungkin sudah kamu rasakan dan kadang bikin insecure. Tenang, kebanyakan masih tergolong normal, kok. Berikut daftarnya.

1. Jerawat di usia dewasa



unsplash.com

Jerawat identik dengan pubertas. Artinya kamu berharap setelah masuk usia 20an jerawat sudah mulai mereda intensitas kedatangannya. Nyatanya di usia menjelang 25 kamu justru merasakan breakout yang parah.

Jangan sedih dulu, ini hal yang normal untuk sebagian orang. Jerawat dewasa datang biasanya karena pengaruh hormonal. Jadi, jangan heran kalau kamu menemukan jerawat menjelang haid. Cara mengatasinya carilah skincare yang tepat buat kulitmu, mulai perhatikan asupan nutrisi, istirahat cukup, dan coba tips-tips manajemen stres.

2. Rambut rontok



unsplash.com

Ini juga masalah orang dewasa yang banyak terjadi saat memasuki usia 25. Coba potong rambutmu secara berkala, konsumsi vitamin dan zat besi, atau konsultasi ke dokter untuk dapat penangangan yang lebih akurat.

Terkadang, rambut rontok juga bisa dikarenakan faktor stres, jadi lagi-lagi coba manage emosimu dengan meditasi, olahraga, dan lain sebagainya.

3. Kenaikan berat badan



unsplash.com

Metabolismemu sudah nggak secepat saat masih remaja atau usia awal 20an. Meski konsumsi makananmu tidak bertambah alias tetap, kadang kamu masih bermasalah dengan berat badan.

Mulailah rajin berolahraga dan menjaga pola makan serta asupan gizi. Dua hal ini nggak hanya berguna untuk menjaga berat badanmu, tetapi juga untuk kesehatan jangka panjang.

4. Merasakan kram saat haid



unsplash.com

Usia 20an adalah puncak masa subur seorang perempuan. Tak heran jika kamu merasakan perubahan pada siklus haid. Bisa jadi lebih rutin dan mungkin intensitasnya lebih tinggi. Beberapa darimu mungkin mulai merasakan kram yang sebelumnya jarang banget dirasakan di masa remaja. Ini normal, kok asalkan rasa sakitnya masih bisa kamu tahan dan atasi dengan istirahat sejenak.

Untuk mengatasinya, lakukan olahraga rutin dan sediakan obat-obatan untuk meredakan rasa nyeri atau kram serta kurangi konsumsi gula dan susu.

5. Perubahan pola tidur



unsplash.com

Kamu tidak lagi punya alasan dan gairah untuk tidur larut. Maksimal pukul 10 malam kamu sudah lelah dan rebahan di kasur. Bisa jadi karena prioritasmu yang berubah jadi lebih memikirkan jadwal kerja esok hari, waktu luangmu pun kamu alokasikan untuk istirahat ketimbang nongkrong atau begadang.

Perubahan biologis di usia 25 bukan hal yang harus dipikir terlalu berat. Hal normal yang bisa kamu atasi, kok. Terima perubahannya dan lakukan yang terbaik untuk tubuhmu. Tetap utamakan kesehatan di atas segalanya, ya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia