Pendingin AM4 bisa digunakan di soket AM5

Dalam sebuah bocoran terbaru, diketahui bahwa dudukan pendingin AM5 memiliki dimensi yang sama dengan dudukan pendingin AM4.

AMD dikabarkan akan segera menggulirkan CPU terbaru mereka yang berbasis arsitektur Zen 4. Seperti diketahui, bukan saja penggantian secara internal, namun juga ada pergantian desain secara eksternal untuk CPU generasi terbaru ini.

Seperti diketahui, AMD menggunakan soket baru untuk jajaran CPU berbasis Zen 4. Mereka menggunakan soket LGA 1718, tak lagi menggunakan soket PGA. Lantas, bagaimana dengan kompatibilitas pendingin untuk soket tersebut?

Dilansir dari Wccftech(18/8), AMD akan mempertahankan slot lubang pengait pendingin seperti di soket AM4. Informasi ini didapat melalui kasus peretasan yang terjadi di Gigabyte beberapa waktu lalu.

Jika hal tersebut benar, maka para pengguna akan dapat terus menggunakan pendingin berbasis AM4 untuk motherboard AM5 mereka. Jadi, untuk mereka yang masih memiliki pendingin untuk soket AM4, kemungkinan mereka masih akan dapat menggunakannya.

Sayangnya, masih belum diketahui apakah soket untuk jajaran prosesor EPYC juga akan mengalami perubahan. Sebab, AMD juga berniat untuk menggunakan arsitektur Zen 4 di jajaran CPU server tersebut.

Sayangnya, hingga saat ini masih belum diketahui kapan AMD akan secara resmi menggulirkan jajaran prosesor AMD Ryzen berbasis Zen 4. Namun, banyak yang berharap jajaran CPU tersebut akan diperkenalkan pada awal 2022 mendatang.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia