Pixel 6 akan dijual tanpa adaptor charger

Google mengatakan Pixel 5a sebagai smartphone terakhir yang menyertakan adaptor charger dalam box pembeliannya.

Google menjadi produsen smartphone terbaru yang mengucapkan selamat tinggal pada adaptor charger dalam kotak. Perusahaan mengatakan, Pixel 5a merupakan ponsel terakhir mereka yang menyertakan adaptor. Ini berarti, seri Pixel 6 yang akan datang tidak akan membawa aksesori pengisi daya tersebut.

Dilansir dari The Verge (18/8), Google mengklaim kebanyakan orang saat ini sudah memiliki adaptor pengisi daya USB tipe-C. Itu sebabnya, perusahaan tidak perlu lagi menyertakannya dalam kotak pembelian smartphone Pixel yang akan datang.

Argumen yang sama juga dilontarkan Apple dan Samsung sebelumnya. Kedua perusahaan ini sudah lebih dulu menghilangkan adaptor pada perangkat yang baru dirilis, seperti iPhone 12, Galaxy S21,serta smartphone lipat Samsung yang belum lama ini diluncurkan, yakni Galaxy Fold3 dan Galaxy Flip3.

Absennya adaptor dalam box smartphone menjadi peran penting atas penurunan harga dari smartphone itu sendiri. Selain itu, pemberdayaan lingkungan juga menjadi poin utama dari hilangnya aksesori pengisi daya ini.

Menurut beberapa pabrikan, lebih sedikit pengisi daya yang dikirimkan kepada pelanggan akan mengurangi limbah elektronik di Bumi. Meskipun sulit dibuktikan, langkah ini akan dengan mudah diikuti produsen smartphone lainnya dengan tiga produsen besar – Apple, Samsung, Google sudah berkomitmen atas hal itu.

Maka dari itu, jaga adaptor pengisi daya yang Sahabat Tek miliki, jika tidak ingin membayar lebih untuk membelinya secara terpisah. Sebab, mungkin akan ada lebih banyak merek smartphone yang tidak menyertakan adaptor.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia