Hoaks Video Penampakan Naga di Langit saat Terjadi Petir

Headlines.id – Beredar video menunjukkan langit mendung di malam hari dengan suara gemuruh. Tak lama kemudian nampak cahaya petir dan bayangan yang diklaim berbentuk naga sedang berputar-putar.

Narasi video tersebut pun seolah-olah menekankan bahwa petir tersebut merupakan naga yang muncul di langit bersamaan kilat petir.

“Detik-detik naga menampakkan diri saat kilat/petir,” tulis pembuat video tersebut.

Cek Fakta

Faktanya, Peneliti Petir dan Atmosfer Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Deni Septiadi menegaskan bahwa isi dalam video tersebut merupakan hoaks.

“Kalau ada objek besar (naga) di dalam awan yang notabene adalah partikel solid dan liquid, bisa dipastikan akan menghasilkan gangguan atau turbulen pada pola awannya, tapi (dalam video itu) tidak,” jelas Deni.

Selain itu, Deni menambahkan, jenis petir yang terlihat dalam video itu adalah jenis petir antara awan ke awan atau yang disebut Cloud to Cloud dan petir di dalam atau Intra Cloud. Jaraknya dengan permukaan yang relatif jauh menghasilkan gelombang suara yang rambatannya akan menggema dan sayup-sayup.

Sementara dalam video tersebut, suara petir sangat dominan dan jelas. Sehingga diduga suara yang muncul dalam video adalah suara overlay yang tidak alami atau editan, sudah melalui proses penyuntingan.

“Di video tersebut, suara petir sangat dominan jelas, jadi sangat mungkin itu suara overlay non-alami. Sehingga disimpulkan video itu hoaks,” tuturnya.

Sumber artikel : Kumparan




IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia