Qualcomm rilis platform drone 5G dan AI pertama di dunia

Platform tersebut menghadirkan kemampuan mutakhir bagi industri drone dengan menyatukan beberapa teknologi kompleks dalam satu sistem drone.

Qualcomm baru saja meluncurkan platform drone pertama di dunia yang menawarkan kemampuan 5G serta dukungan AI, yaitu Qualcomm Flight RB5 5G. Solusi baru ini diklaim dapat membantu mempercepat pengembangan drone komersial, perusahaan, dan industri. Ini juga membuka kemungkinan inovatif bagi industri yang ingin mengadopsi solusi drone dan mewujudkan manfaat dari intelligent edge.

Flight RB5 5G Platform ditenagai oleh prosesor Qualcomm QRB5165 yang dibuat dengan teknologi IoT terbaru dari perusahaan. Ini memberikan solusi yang akan menghasilkan drone 5G generasi baru berperforma tinggi dan memiliki konsumsi daya rendah.

Platform tersebut menghadirkan kemampuan mutakhir bagi industri drone dengan menyatukan beberapa teknologi kompleks dalam satu sistem drone yang terintegrasi untuk mendukung aplikasi. Ada pula kasus penggunaan di berbagai sektor seperti film dan hiburan, keamanan dan respons darurat, pertahanan, pemeriksaan, dan pemetaan.

Qualcomm Flight RB5 memiliki komputasi heterogen dengan konsumsi daya yang sangat rendah. Teknologi AI dan Machine Learning memungkinkan drone bekerja secara otonom sepenuhnya. Terobosan dari kemampuan kameranya menghadirkan performa gambar premium.

Dengan konektivitas 5G dan Wi-Fi 6, platform ini meningkatkan kemampuan terbang di luar garis pandang untuk mendukung penerbangan yang lebih aman dan andal. Qualcomm Flight RB5 5G dilengkapi dengan Secure Processing Unit dari perusahaan untuk mendukung permintaan drone modern akan perlindungan keamanan siber sebagai pendukung utama persyaratan data dan keselamatan.

Qualcomm bekerja sama dengan Verizon untuk menyelesaikan uji jaringan Flight RB5 di jaringan Verizon 5G, dan menghadapkan platformnya, yaitu 5G mmWave, untuk ditawarkan melalui Verizon Thingspace marketplace. Perangkat ini diperkirakan akan tersedia pada kuartal keempat tahun 2021.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia