Robot Boston Dynamics bisa aksi parkour

Ini juga berfungsi sebagai ujian yang berguna bagi kemampuan robot untuk menjaga keseimbangan sambil mengubah perilaku dan mengoordinasikan tindakan.

Atlas dari Boston Dynamics mungkin salah satu robot dengan gerakan yang sangat luwes. Perusahaan milik Hyundai tersebut telah membagikan video dari robot humanoid yang berhasil menyelesaikan rutinitas parkour dalam rintangan untuk pertama kalinya. Sepasang robot Atlas melompati celah, balok berkubah, dan bahkan melakukan salto. Ini semua dilakukan secara berurutan tanpa henti.

Boston Dynamics mengatakan aksi robot tersebut memakan waktu berbulan-bulan pengembangan. Ini juga berfungsi sebagai ujian yang berguna bagi kemampuan robot untuk menjaga keseimbangan sambil mengubah perilaku dan mengoordinasikan tindakan. Tentu saja itu bukan aktivitas yang mudah dilakukan. Seperti pengujian terbaru lainnya, Atlas sekarang menggunakan visual untuk menyesuaikan gerakannya.

Dilansir dari Engadget (19/8), lompatannya secara khusus memiliki tingkat kegagalan sekitar 50%, dan masih ada sedikit kemungkinan kegagalan di setiap langkah. Bahkan percobaan gerakan pada akhir aktivitas tidak berjalan terlalu mulus, kata Boston Dynamics. Perusahaan itu masih harus memperbaiki gerakan yang dibatasi oleh sifat dasar robot itu sendiri, seperti tidak adanya tulang belakang dan sendi lengan yang relatif lemah.

Atlas bukanlah robot produksi seperti Spot. Ini adalah model penelitian yang dimaksudkan untuk mendorong batas robotika. Meski demikian, Boston Dynamics membayangkan praktik parkour ini mengarah ke robot penolong masa depan yang dapat menangani berbagai tugas dengan ketangkasan seperti manusia. Berikut video robot Atlas sedang melakukan parkour.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia