Samsung Tizen jadi platform smart TV paling populer di Eropa

Di pasar yang terfragmentasi, Google Chromecast adalah layanan kedua yang paling banyak digunakan, dengan total 12%, sementara produsen smart TV saingannya LG berada di belakang.

Samsung Tizen merupakan platform smart TV paling populer di Eropa selama kuartal kedua tahun 2021, sebagaimana laporan dari Conviva. Sistem operasi ini menyumbang 19% dari total waktu menonton layar lebar di seluruh wilayah tersebut.

Di pasar yang terfragmentasi, Google Chromecast adalah layanan kedua yang paling banyak digunakan, dengan total 12%, sementara produsen smart TV saingannya LG berada di belakang dengan pangsa pasar 10%, angka yang sama oleh Google Android TV.

Di sisi lain, keragaman merek jauh lebih sedikit karena Roku mendominasi pasar Amerika Utara dengan pangsa waktu menonton 38%, diikuti oleh Amazon Fire TV sebesar 21%, dan TV Samsung sebesar 10%.

Dilansir dari What Hifi (18/8), laporan yang terlihat pertama kali tahun 2021 itu menunjukkan bahwa, bahkan ketika pemirsa di seluruh dunia mulai kembali ke gaya hidup mobile, jumlah streaming terus tumbuh. Ini terutama dalam pasar smart TV, meskipun pada tingkat yang lebih rendah selama periode itu karena pandemi.

Secara keseluruhan, streaming video tumbuh di seluruh dunia sebesar 13% tahun-ke-tahun (YoY) pada kuartal kedua tahun 2021, dengan layar besar menyumbang 73% waktu menonton. Angka ini naik dari 55% pada tahun 2019. Diikuti oleh ponsel sebesar 11%, PC sebesar 10%, dan tablet sebesar 5%.

Roku mempertahankan pijakan global yang kuat dengan total pangsa waktu menonton layar lebar sebesar 31%, meskipun persentase ini turun dari 43% pada tahun 2019. Seiring dengan popularitas smart TV yang terus meningkat, merek LG mengalami peningkatan global terbesar, dengan peningkatan sebesar 50%.

Pesaingnya seperti Vizio (43%), Android TV (40%), dan TV Samsung (36%). Semuanya mengalami peningkatan yang stabil. Di luar itu, Apple TV bergabung dengan PlayStation dan Xbox dengan penurunan waktu menonton YoY masing-masing sebesar 6%, 17%, dan 21%.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia