GM bakal hadirkan mobil berteknologi 5G

Beberapa kendaraan model tahun 2024, yang akan mulai tiba pada tahun 2023, akan menjadi model GM pertama yang dilengkapi 5G.

General Motors (GM) dan AT&T memperluas kemitraan mereka dengan rencana untuk membawa teknologi 5G ke mobil dalam beberapa tahun ke depan. Beberapa kendaraan model tahun 2024, yang akan mulai tiba pada tahun 2023, akan menjadi model GM pertama yang dilengkapi dengan teknologi jaringan 5G.

Di antara model mobil GM 2024 salah satunya adalah SUV Hummer listrik. Kendaraan GM dari model tahun 2019 ke atas dengan kemampuan 4G LTE juga akan memiliki kecepatan koneksi yang lebih cepat melalui jaringan 5G.

Dilansir dari Engadget (20/8), kedua perusahaan itu sedang membangun “jaringan inti 5G berkinerja tinggi” dengan cakupan yang ditingkatkan serta berpusat di jalan raya. GM dan AT&T mengklaim jaringan tersebut akan memungkinkan pembaruan software dan unduhan musik serta video yang lebih cepat. Tidak ketinggalan pula navigasi dan layanan suaya yang lebih responsif.

Peningkatan konektivitas seharusnya menguntungkan kendaraan otonom juga. GM mengatakan bahwa jaringan 5G akan memberikan fondasi yang kuat untuk teknologi Super Cruise semi-otonom bersama dengan Vehicle Intelligence Platform mereka.

Menghadirkan konektivitas 5G ke mobil pada tingkat yang luas selalu membutuhkan waktu. Perlu beberapa saat sebelum ada jangkauan jaringan yang luas di jalan raya dan di daerah pedesaan. Dengan demikian menambahkan 5G ke kendaraan mulai model tahun 2024 tampaknya merupakan waktu yang masuk akal. AT&T mengatakan jaringan 5G mereka saat ini tersedia di 14.000 kota besar dan kecil di seluruh AS.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia