Google setop produksi Pixel 4a 5G dan Pixel 5

Kekurangan chip yang mengharuskan peluncuran terbatas terhadap Pixel 5a 5G juga menyebabkan Pixel 4a 5G dan 5 yang dihentikan produksinya.

Google menghentikan produksi untuk Pixel 5 dan Pixel 4a 5G setelah hampir 10 bulan sejak peluncurannya. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh Google, sekaligus mengklaim Pixel 5a 5G yang belum lama ini meluncur, sebagai pilihan yang lebih baik bagi pelanggan.

“Dengan perkiraan kami saat ini, kami memperkirakan Google Store di AS akan menjual Pixel 4a (5G) dan Pixel 5 selama beberapa minggu mendatang setelah peluncuran Pixel 5a (5G). Pixel 5a (5G) adalah pilihan yang bagus bagi pelanggan dan memberikan peningkatan perangkat keras yang berharga dibandingkan dengan Pixel 4a (5G), semuanya dengan harga yang lebih rendah, ”kata juru bicara Google dikutip dari Digital Trends (20/8).

Menurut laporan, hal yang sama juga akan berlaku untuk pasar non-AS, dengan vendor Inggris seperti Carphone Warehouse dan John Lewis tidak lagi memproduksi Pixel lama. Di samping itu Pixel 4a yang lebih lama masih tetap dijual sebagai opsi Pixel dengan harga rendah.

Google Pixel 5a 5G memang menawarkan banyak fitur yang ada di Pixel 4a 5G dan Pixel 5. Namun, terdapat beberapa peningkatan seperti layar yang lebih besar, baterai baru, dan peringkat tahan air IP67.

Sayangnya, smartphone ini hanya dipasarkan di AS dan Jepang dengan harga USD449 (Rp6,5 juta). Menurut laporan, alasan peluncuran terbatas ini adalah karena kekurangan chip yang juga turut memengaruhi kedua ponsel Pixel lama. Jika Google saja tidak mampu mengamankan chip untuk 5a 5G, bagaimana mereka bisa mempertahankan Pixel 4a 5G dan 5?

Terlepas dari itu, spesifikasi lebih lanjut untuk Pixel 5a 5G meliputi layar OLED 6,34 inci dengan resolusi Full HD+ serta dukungan refresh rate 60 Hz, chipset Qualcomm Snapdragon 765G yang menghadirkan kelengkapan 5G, serta dipadukan dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia