Intel kenalkan teknologi XeSS

Tak ingin kalah dari AMD dan NVIDIA, Intel pamer teknologi XeSS yang merupakan pesaing FSR dan DLSS.

Intel tampaknya tidak terlalu puas hanya memperkenalkan jajaran GPU generasi terbaru mereka saja pada ajang Intel Architecture Day 2021. Dalam acara ini, Intel juga memperkenalkan dan mendemonstrasikan teknologi XeSS atau neural supersampling mereka.

Untuk mendemonstrasikan teknologi ini, mereka menggunakan jajaran GPU Xe HPG. Mereka pun mengatakan bahwa apa yang mereka dapatkan dengan gabungan teknologi ini sangat mengesankan.

Mereka mengatakan, untuk menjalankan teknologi XeSS ini, mereka sudah bekerja dengan Unreal Engine, Microsoft (untuk DirectX 12 Ultimate), Vulkan (Kronos Foundation), dan Unity untuk API dan implementasi.

Jika AMD FSR didasarkan pada algoritma konvensional, Intel XeSS disebut memiliki teknologi yang sama dengan DLSS milik NVIDIA. Mereka menggunakan jaringan saraf (berbasis AI/ML) dan dapat bekerja dengan informasi input yang jauh lebih rendah dengan hasil fidelitas yang jauh lebih tinggi.

Intel berencana untuk memberikan peningkatan FPS hingga 2x pada perangkat keras yang sama menggunakan XeSS dan bahkan berencana untuk mendukung perangkat keras yang lebih lawas.

Foto di atas merupakan tangkapan layar dari sebuah sistem yang menjalankan teknologi XeSS. Intel mengatakan teknologi ini akan menghasilkan 2x FPS dan hampir tidak dapat dibedakan dari bingkai asli.

Dan jika melihat foto di atas, terlihat juga bahwa XeSS akan memiliki dukungan vektor gerak tingkat lanjut, yang seharusnya membuatnya jauh lebih akurat dalam adegan bergerak.

Menariknya, Intel juga mengatakan bahwa teknologi XeSS ini akan dibuka untuk umum alias sebagai open source. Namun, mereka baru akan melakukan hal tersebut setelah menyelesaikan teknologi tersebut.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia