Intel resmi perkenalkan Sapphire Rapids-SP

Intel resmi memperkenalkan CPU server generasi selanjutnya, Sapphire Rapids-SP, yang hadir dengan berbagai teknologi baru.

Dalam acara Intel Architecture Day 2021, Intel telah mengumumkan berbagai macam produk terkait dengan perangkat baru mereka. Di antara produk yang diperkenalkan perusahaan yaitu jajaran CPU Sapphire Rapids-SP generasi berikutnya.

CPU ini akan menjadi bagian dari keluarga Xeon Scalable Generasi ke-4. Jajaran Intel Sapphire Rapids-SP akan hadir dengan teknologi baru dan yang paling penting adalah integrasi tanpa batas dari beberapa chiplet atau mereka sebut sebagai tile.

Keluarga Sapphire Rapids-SP akan menggantikan keluarga Ice Lake-SP dan akan menggunakan teknologi fabrikasi ‘Intel 7. Jajaran prosesor server ini akan menampilkan arsitektur inti Golden Cove yang dioptimalkan kinerja yang memberikan peningkatan IPC 20% dibandingkan arsitektur inti Willow Cove.

Dalam acara tersebut, Intel mengatakan jajaran Sapphire Rapids-SP akan menjadi standar untuk prosesor pusat data generasi berikutnya. Inti dari Sapphire Rapids adalah arsitektur SoC modular yang memberikan skalabilitas signifikan sambil tetap mempertahankan manfaat antarmuka CPU monolitik.

Untuk Sapphire Rapids-SP, Intel menggunakan desain chiplet quad multi-tile yang akan hadir dalam varian HBM dan non-HBM. Sementara setiap tile merupakan sebuah unit mandiri, namun chip itu sendiri bertindak sebagai satu SOC tunggal dan setiap utas memiliki akses penuh ke semua sumber daya di semua tile.

Hal ini membuat chiplet ini secara konsisten menyediakan bandwidth penampang rendah dan tinggi di seluruh SOC. Setiap tile selanjutnya terdiri dari tiga blok IP utama dengan rincian sebagai berikut :

Compute IP

  • Cores
  • Acceleration Engines

I/O IP

  • CXL 1.1
  • PCIe Gen 5
  • UPI 2.0

Memory IP

Dalam hal I/O, CPU Sapphire Rapids-SP Xeon akan memperkenalkan CXL 1.1 untuk akselerator dan ekspansi memori di segmen pusat data. Ada juga penskalaan multi-socket yang ditingkatkan melalui Intel UPI, menghadirkan hingga 4 x24 tautan UPI pada 16 GT/s dan topologi baru yang dioptimalkan kinerja 8S-4UPI.

Desain arsitektur tile baru juga meningkatkan cache lebih dari 100 MB bersama dengan dukungan Optane Persistent Memory 300 series. CPU Xeon generasi terbaru ini juga akan menampung hingga empat paket HBM, semuanya menawarkan bandwidth DRAM yang jauh lebih tinggi dibandingkan CPU Sapphire Rapids-SP Xeon dasar dengan memori DDR5 8-channel.

Hal ini akan memungkinkan Intel untuk menawarkan chip dengan peningkatan kapasitas dan bandwidth untuk pelanggan yang membutuhkan. SKU HBM dapat digunakan dalam dua mode, mode HBM Flat & mode caching HBM.

Dan berikut ini bocoran mengenai jajaran CPU Intel Sapphire Rapids-SP :

  • Sapphire Rapids-SP 24 Core / 48 Thread / 45.0 MB / 225W
  • Sapphire Rapids-SP 28 Core / 56 Thread / 52,5 MB / 250W
  • Sapphire Rapids-SP 40 Core / 48 Thread / 75.0 MB / 300W
  • Sapphire Rapids-SP 44 Core / 88 Thread / 82,5 MB / 270W
  • Sapphire Rapids-SP 48 Core / 96 Thread / 90.0 MB / 350W
  • Sapphire Rapids-SP 56 Core / 112 Thread / 105 MB / 350W

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia