Intel ungkap GPU Xe HPG generasi baru

Masih dalam acara Intel Architecture Day 2021, Intel mengumumkan kehadiran jajaran GPU Xe HPG generasi terbaru beserta peta jalannya.

Intel membagikan beberapa detail lebih lanjut jajaran GPU terbaru mereka yang masuk dalam keluarga Iris Xe HPG. Mereka membagikan informasi tersebut saat menggelar acara Intel Architecture Day 2021.

Kali ini, mereka tak hanya memperkenalkan jajaran GPU terbaru mereka saja, melainkan juga membagikan peta jalan yang lengkap. Keluarga pertama GPU Intel generasi terbaru akan disebut Alchemist dan akan mendarat pada kuartal pertama tahun 2022.

Peluncuran GPU ini juga akan diikuti oleh GPU lainnya, yakni Xe2, Xe3 dan Xe NG. Ketiga GPU tersebut juga sudah mendapatkan julukan yang disebut sebagai Battlemage, Celestial, dan Druid secara berurutan.

“Kami mendefinisikan blok bangunan komputer baru, yang berfungsi sebagai fondasi arsitektur XE sebagai bagian dari perubahan arsitektur ini. Kami juga mengambil kesempatan untuk memperbarui beberapa penamaan sehingga Anda tidak akan mendengar kami berbicara banyak tentang unit eksekusi lagi,” kata pihak Intel.

Intel menyebut, unit eksekusi menjadi terlalu besar dan perubahan generasi membuatnya semakin sulit untuk melakukan perbandingan. “Jadi, izinkan kami untuk memperkenalkan inti XE yang mencakup unit aritmatika yang efisien, cache, dan logika penyimpanan beban.”

“Unit aritmatika termasuk mesin untuk floating point tradisional, operasi vektor bilangan bulat bersama dengan mesin untuk mempercepat operasi, operasi konvolusi, dan matriks yang biasa ditemukan dalam beban kerja AI.”

Dari pernyataan tersebut, Intel telah memutuskan untuk mengganti nama Unit Eksekusi menjadi sesuatu yang lebih teknis. Alih-alih UE, Intel sekarang menggunakan standar seperti unit dasar GPU Intel Xe Alchemist akan memiliki 16 mesin vektor (256 bit) dan 16 mesin matriks (1024 bit) yang membentuk “Xe Core”.

Setiap Xe Core akan memiliki Sampler, Geometri, Cache, dan Pixel Backend yang dibagikan sendiri. 4 Xe Cores membuat satu irisan render. Setiap irisan render memiliki unit ray tracing sendiri juga. Jujur saja, hal ini bukan sesuatu yang mudah untuk diingat.

Perangkat pertama dari Intel Xe HPG GPU akan memiliki 8 slice, masing-masing terdiri dari 4 Xe Cores. Ini membuat jumlah Vektor/Matriks total sebesar 512 (8x4x16). Dengan asumsi arsitektur dasarnya sama, kita masih akan melihat total 4096 ALLU (512*8).

Dan untuk memproduksi GPU ini, Intel pun akan menggandeng pihak ketiga. Seperti dalam bocoran sebelumnya, mereka akan menggandeng TSMC untuk membuat GPU Intel Xe HPG terbaru mereka.

“TSMC sangat senang saat Intel telah memilih teknologi N6 kami untuk memproduksi GPU di keluarga Alchemist mereka,” kata Wakil Presiden Senior Pengembangan Bisnis di TSMC, Dr. Kevin Zhang.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia