Tips Merias Mata Sesuai Bentuknya, Wajib Diingat

www.instagram.com

Memakai masker di luar ruangan sudah jadi kebiasaan baru yang tak terelakkan lagi. Entah sampai kapan ini akan berlaku, mari kita terima dengan lapang dada. Buat kamu yang tetap harus atau ingin tampil prima meski pakai masker, berikut beberapa tips merias mata sesuai dengan bentuknya.

Yuk, kenali bentuk matamu dan cari tahu cara membuatnya makin berbinar.

1. Mata bulat



www.instagram.com

Mata bulat ditandari dengan lipatan yang tampak jelas dan lebar pada kelopak mata. Selain itu, mata bulat juga bisa dari iris mata. Jika iris mata bagian bawah bisa terlihat bulat sempurna tanpa tertutup kelopak, tandanya matamu tergolong tipe bulat.

Tipe mata ini cocok dengan warna eyeshadow netral. Eyeliner bisa dipoles pada waterline dan untuk maskara, silakan fokus di bagian bulu mata atas saja.

2. Mata monolid



www.instagram.com

Jenis mata ini sangat khas karena tidak memiliki garis lipatan pada kelopak mata. Tips paling umum untuk bentuk mata ini adalah penggunaan eyeliner di garis mata untuk memberikan dimensi. Kamu juga bisa menambahkan eyeshadow yang dipoles dengan teknik smudge atau sembur.

3. Mata downturned



www.instagram.com

Tipe mata ini sering pula dikenal dengan istilah sayu. Sudut mata downturned memiliki sudut yang mengarah ke bawah. Untuk meriasnya, kamu bisa membubuhkan maskara untuk memperjelas bulu mata. Kemudian, eyeshadow bisa dipulas dengan arah lurus atau ke atas untuk mengurangi efek sayunya.

4. Hooded eyes



www.instagram.com

Hooded eyes adalah tipe mata yang cukup unik. Ia ditandai dengan keberadaan kulit berlebih yang tampak di antara bawah alis dengan bagian atas garis lipatan mata.

Untuk pemilik hooded eyes, makeup mata yang waterproof sangat disarankan, sebab tipe mata ini sangat rawan mengalami smudge dan transfer.

5. Upturned eyes



www.instagram.com

Selain downturned, ada pula orang yang memiliki upturned eyes. Mata yang sudutnya mengarah ke atas. Jika suka dengan tipe matamu ini, membuat wing eyeliner bakal memperjelas bentuknya. Namun, jika ingin sedikit menyamarkannya, imbangi dengan bentuk alis yang tegas.

6. Mata almond



www.instagram.com

Ada pula tipe mata almond. Penampakan iris mata pada tipe mata ini sama dengan mata bulat, tetapi ukuran matanya lebih lebar ke samping. Mirip dengan bentuk kacang almond.

Bentuk mata ini cocok banget dengan smoky eyeshadow, begitu pula dengan under eyeshadow.

Tidak menutup kemungkinan, seseorang punya bentuk mata yang masuk dalam dua tipe sekaligus. Misalnya hooded eyes dengan upturned eyes dan lain sebagainya. Jadi, silakan bereksperimen dan membuat kombinasi gaya sesuai seleramu.

Panduan di atas cuma inspirasi, bukan pakem yang harus kamu taati. Apapun gaya makeup yang kamu pulas, kalau memang cocok, siapa yang bisa melarang?

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia