Xiaomi akan akuisisi saham unit mobil listrik asal Tiongkok

Baru-baru ini Xiaomi meningkatkan investasinya ke perusahaan dan teknologi berbasis kendaraan listrik sejak mengungkapkan rencana 10 miliar Dolar AS.

Salah satu pengembang properti asal Tiongkok, China Evergrande Group, diinformasikan sedang dalam pembicaraan dengan Xiaomi dan perusahaan investasi yang didukung negara bagian Shenzhen untuk menjual sebagian sahamnya di unit kendaraan listrik mereka.

Evergrande ingn menjual sebagian dari 65% sahamnya di Evergrande New Energy Vehicle (NEV) Group, sebagaimana dilaporkan oleh Reuters. Sampai saat ini, NEV memiliki kapitalisasi pasar sebesar 12,5 miliar Dolar AS dan sebuah sumber mengatakan bahwa raksasa teknologi dan perusahaan investasi Tiongkok tersebut ingin membeli saham minoritas yang signifikan dalam bisnis itu. Sayangnya, Xiaomi, Evergrande, dan regulator aset negara belum memberikan komentar terkait masalah ini.

Dilansir dari Gizmochina (20/8), sumber mengatakan bahwa pembicaraan mengenai akuisisi saham tersebut tampaknya masih dalam tahap awal dan kemungkinan akan mengalami perubahan juga. Awal bulan ini, Evergrande menyatakan bahwa pihaknya sedang berdiskusi dengan beberapa investor pihak ketiga independen untuk usulan penjualan aset tertentu, termasuk saham unit New Energy Vehicle-nya. Langkah ini sebagai upaya untuk mengurangi utangnya.

Sebagai informasi, baru-baru ini Xiaomi meningkatkan investasinya ke perusahaan dan teknologi berbasis kendaraan listrik sejak mengungkapkan rencana 10 miliar Dolar AS untuk memasuki pasar kendaraan listrik. Langkah ini diambil setelah terungkap bahwa Apple dan Huawei juga mengincar industri kendaraan listrik. Jadi, akuisisi baru akan memberikan fasilitas produksi mobil listrik Xiaomi untuk bisnis mobilnya sendiri.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia