Cara ukur massa otot dalam tubuh dengan Galaxy Watch4 Series

Galaxy Watch4 Series bisa mengukur masa otot dalam tubuh dan informasi kesehatan lainnya berkat hadirnya fitur Body Composition.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Galaxy Watch4 Series adalah hadirnya fitur Body Composition. Fitur ini dapat mengukur kesehatan dan kebugaran tubuh pengguna lebih detail, salah satunya pengukur skeletal muscle mass atau masa otot yang menempel pada rangka tubuh.

Menurut Taufiq Furqan, Product Marketing Manager, Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Body Composition adalah fitur pengukur kesehatan dan kebugaran pertama yang ada di smartwatch. Sebelum ada di Galaxy Watch4 Series, orang-orang harus pergi ke gym untuk dapat mengukur Body Composition. Namun di tengah pandemi, hal tersebut tidak memungkinkan bagi sebagian orang.

“Ketika kita melihat tubuh kita, bukan hanya berat saja yang menjadi penting, tapi juga banyak hal yang harusnya menjadi perhatian bagi orang-orang yang terutama menginginkan hidup yang lebih sehat. Dengan adanya Body Composition ini, kita mempunyai sensor yaitu Bioelectrical Impedance Analysis, di mana dengan sensor ini kita bisa mengecek Body Composition kita,” jelas Taufiq dalam Galaxy Watch4 Series Online QnA (20/8).

Sensor yang disebutkan Taufiq di atas, terletak di bagian tombol smartwatch. Jadi dengan menempelkan dua jari pada tombol tersebut, sensor dengan cepat akan mengukur mulai dari skeletal muscle, tingkat metabolisme basal, kadar air dan persentase lemak tubuh.

Taufiq juga dengan mudah mendemonstrasikan cara mengukur Body Composition. Pertama-tama, pilih geser layar Galaxy Watch4 Series ke menu Body Composition, lalu klik pilihan “Measure.” Setelah itu, tempelkan jari tengah dan jari manis ke dua tombol yang ada di smartwatch. Dalam waktu kurang lebih 10-15 detik, hasil pengukuran akan muncul di layar smartwatch.

Pengguna juga bisa melihat hasil pengukuran di smartphone dengan menekan pilihan “Show on phone” pada layar smartwatch. Ketika beralih ke smartphone, maka hasil pengukuran yang sama juga akan ditampilkan. Kurang lebih, tampilannya akan menunjukkan garis dengan warna hijau dan merah yang menunjukkan kecenderungan hasil pengukuran pengguna.

Tampilan hasil Body Composition dalam layar smartphone

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia