AMD Raphael tak akan gunakan PCIe Gen 5

Dalam sebuah bocoran terbaru, AMD dikabarkan tidak akan mengikuti Intel untuk menghadirkan PCIe Gen 5 di jajaran CPU Raphael.

Intel dikabarkan akan menggunakan teknologi terbaru di jajaran prosesor generasi selanjutnya. Salah satu fitur yang dibawa oleh Intel adalah teknologi PCIe Gen 5.0, yang akan menawarkan performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Namun uniknya, AMD dikabarkan tidak akan mengikuti langkah Intel untuk menggunakan PCIe Gen 5 di jajaran CPU terbaru mereka. Tom’s Hardware (22/8) melaporkan bahwa hal ini bocor dari peretasan yang terjadi di Gigabyte beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, AMD akan memperkenalkan jajaran CPU AMD berbasis Zen 4 dalam waktu dekat ini. CPU ini juga akan menggunakan soket baru, yakni AM5 yang menggunakan soket LGA, bukan PGA.

Keputusan ini pun mengejutkan beberapa pihak, dikarenakan AMD sebelumnya mengungguli Intel dalam hal menggunakan teknologi PCIe generasi terbaru. AMD pernah mempopulerkan PCIe Gen 4.0 sebelum Intel sempat menggunakannya.

Beberapa pihak berspekulasi bahwa AMD masih ragu untuk membawa teknologi PCIe gen 5.0 di platform AMD Raphael. Mereka diduga masih ragu untuk menggunakan teknologi tersebut, mengingat hingga saat ini penetrasi perangkat berbasis PCIe Gen 4.0 masih sangat terbatas.

Selain itu, bocor juga diagram PCIe untuk prosesor Raphael mereka. Perusahaan asal Amerika tersebut telah memberikan socket AM5 sebanyak 28 jalur PCIe. Dan jalur tersebut menjalankan protokol versi PCIe 4.0, yang merupakan protokol standar saat ini.

Dari 28 jalur, 16 dikhususkan untuk slot PCI express untuk ekspansi grafis, empat untuk SSD M.2, empat jalur untuk ekspansi SATA, dan empat sisanya untuk komunikasi chipset dengan soket.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia