Samsung rajai pasar SSD

Dengan memiliki pangsa pasar SSD sebesar 34,9% dan pemimpin solusi memory flash NAND, Samsung masih rajai pasar

Penjualan HDD tampaknya akan terus tergerus oleh penjualan SSD. Sebab, di kuartal kedua 2021 ini, penjualan SSD terus mendominasi pangsa pasar dengan total jumlah pengiriman hingga 99,6 juta unit di kuartal tersebut.

Hal ini wajar mengingat SSD saat ini digunakan di semua lini, baik konsumen umum, PC gaming, konsol gim, hingga industri. Hal ini dikarenakan harga dari SSD terus menurun dan tentu saja memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dari HDD.

Dan berbicara mengenai pangsa pasar SSD, tampaknya Samsung masih terus memimpin sebagai perusahaan dengan pangsa pasar SSD global. Mereka memiliki pangsa pasar sekitar 34,9% yang cukup besar.

Wccftech (22/8) melaporkan bahwa kepemimpinan Samsung pun cukup dominan, dikarenakan Western Digital yang berada di posisi kedua hanya memiliki pangsa pasar 18,8% saja. Sementara itu, di posisi ketiga terdapat perusahaan Kioxia dengan pangsa pasar 12,6%.

Tak ketinggalan, Samsung juga dilaporkan masih memimpin dalam solusi memori flash NAND. Jadi, untuk saat ini perusahaan asal Korea Selatan tersebut memang menjadi pemimpin pasar di kategori penyimpanan SSD.

Di sisi lain, penjualan SSD SAS tidak menunjukkan banyak peningkatan karena minimnya terobosan teknologi di tahun 2021. Hal ini mengejutkan karena drive PCIe/NVMe dan SATA memiliki kapasitas yang jauh lebih kecil daripada SSD SaS, yang rata-rata biasanya terlihat sedikit lebih besar.

Namun, perlu dicatat bahwa SSD SaS jauh lebih terjangkau daripada drive PCIe/NVMe dan SATA karena premi yang mengesankan yang ditawarkan oleh perusahaan seperti Western Digital.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia