Menu Sarapan yang Bisa Disantap Sebelum Olahraga Pagi

unsplash.com

Banyak yang percaya bahwa sarapan sebelum olahraga adalah hal yang dilarang. Tidak sepenuhnya salah, tetapi tidak seratus persen benar juga. Kamu tetap boleh kok mengisi perut sebelum olahraga pagi.

Semua tergantung pada metabolisme masing-masing individu. Namun, jika ingin tetap sarapan, kamu disarankan setidaknya makan tiga jam sampai 30 menit sebelum melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga.

Apa saja sih menu sarapan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga? Berikut beberapa ide buatmu.

1. Jus buah asli tanpa tambahan



unsplash.com

Sebagai menu pembuka sebelum berolahraga, jus buah asli bisa jadi pilihan. Buah sudah mengandung gula yang bisa jadi asupan energimu sebelum beraktivitas fisik. Tak perlu tambahan gula dan susu, jus buah disarankan untuk siapapun yang tak terbiasa makan berat di pagi hari.

2. Susu cokelat



unsplash.com

Buat yang tak memiliki masalah dengan laktosa, susu cokelat bisa jadi pilihan menu sarapan sebelum olahraga. Ia juga kaya karbohidrat yang baik untuk menunjang aktivitas fisikmu.

3. Sereal



unsplash.com

Menu lainnya tentu sereal. Ia juga kaya gula dan karbohidrat, jadi bisa dimakan sebelum olahraga fisik yang menguras tenaga. Berbahan gandum, sereal bakal dicerna perlahan dan nggak bikin kekenyangan setelah sarapan.

4. Pisang



unsplash.com

Menu lainnya adalah pisang. Sudah lama pisang disantap sebagai menu sarapan ringan untuk siapapun yang kurang suka makan berat di pagi hari. Pisang kaya akan karbohidrat. Bisa kamu makan bareng selai kacang untuk menambah asupan protein.

5. Roti dengan selai



unsplash.com

Kamu juga bisa membuat roti panggang dengan selai buah atau kacang. Selain cepat dibuat, rasanya ringan dan lebih nyaman di perut. Cocoklah untuk menu sarapan sebelum bergelut di gym atau bersepeda.

6. Yogurt



unsplash.com

Menu sarapan lainnya yang aman di perut sebelum olahraga adalah yogurt. Cukup beberapa sendok makan yogurt, kamu sudah membekali perutmu dengan asupan energi sebelum berolahraga. Siapkan beberapa di kulkas kalau suka.

7. Oatmeal dengan susu



unsplash.com

Kalau kurang suka sereal yang kadar gulanya terlalu tinggi, ganti saja dengan oatmeal instan yang dimasak dengan susu hangat. Kaya protein, karbohidrat, dan tentunya mengenyangkan, tapi nggak bikin begah. Pas disantap sebelum workout.

8. Telur rebus dan buah



unsplash.com

Kamu juga bisa makan telur rebus dan beberapa potong buah sebelum olahraga. Telur bisa jadi sumber protein dan buah jadi sumber energi yang menunjang performamu. Bikinnya juga cepat.

Silakan pilih dan siapkan menu sarapan sebelum olahraga. Setiap orang punya reaksi berbeda pada makanan, ya, jadi tetap hati-hati dan jangan malas untuk mengenal diri sendiri.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia