Samsung perkenalkan RAM DDR5-7200 512 GB

Samsung baru saja memperkenalkan jajaran RAM DDR5 mereka yang memiliki kapasitas hingga 512 GB per keping.

Samsung baru saja mengumumkan jajaran RAM DDR5 terbaru mereka. Namun, mereka tidak mengumumkan kehadiran sebuah RAM DDR5 standar saja, namun mereka memiliki beberapa kejutan saat mengenalkan RAM ini.

Sebab, mereka mengumumkan hadirnya jajaran RAM dengan kapasitas besar untuk tipe DDR5. Mereka mengumumkan, bahwa saat ini mereka telah mengembangkan sebuah keping RAM DDR5 dengan kapasitas 512 GB.

RAM ini pun akan berjalan di DDR5 7200. Tentu saja selain besar, namun RAM DDR5 terbaru mereka juga jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan jajaran RAM DDR4 yang ada di pasaran saat ini.

DDR5 7200 ini hadir dengan total delapan die DDR5 yang terhubung dengan teknologi TSV. Ini merupakan peningkatan besar mengingat DDR4 hanya memiliki total delapan die, dengan kepadatan 1,2mm.

Selain itu, mereka juga memperkenalkan DDR5 7200 yang diklaim akan hadir dengan kinerja 40% lebih tinggi jika dibandingkan dengan DDR4. Selain itu, RAM ini juga akan lebih evisien karena menggunakan voltase 1.1V saja.

Tom’s Hardware (23/8) mengatakan bahwa peningkatan efisiensi daya dimungkinkan berkat IC manajemen daya (PMIC) efisiensi tinggi, pengatur tegangan, dan proses gerbang Logam High-K.

Samsung menyatakan bahwa PMIC-nya tidak hanya berkontribusi pada operasi tegangan yang lebih rendah, tetapi juga mengurangi noise dalam prosesnya. Seperti yang diharapkan dengan DDR5, modul memori Samsung dilengkapi dengan kode koreksi kesalahan on-die (ODECC) untuk memastikan penanganan data yang lebih andal dan aman.

Kehadiran RAM DDR5 hingga kapasitas 512GB per keping memang sangat menarik. Tapi, dalam beberapa laporan dikabarkan dukungan maksimal untuk sebuah RAM DDR5 untuk prosesor standar hanya sebesar 64GB per CPU.

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui kapan Samsung akan mulai menjual RAM ini. Belum diketahui juga berapa harga yang akan ditawarkan mereka untuk RAM dengan kapasitas 512GB ini.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia